Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MEMBUAT KARTU POS KELAS 3 SD

rifanfajrin.com - membuat kartu pos kelas 3 sd
tema 7 kelas 3 yang teradapat pada halaman 122

Hai teman teman semuanya khususnya kelas 3 sd yang berbahagia? semoga kalian selalu sehat ya. pada post kali ini rifanfajrin akan membahas tentang bagaimana cara membuat kartu pos kelas 3 SD. Materi ini merpakan pembahasan buku tema 7 kelas 3 yang teradapat pada halaman 122.

Ayo Mengamati



Siti mendapat kiriman kartu ucapan terima kasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan. Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat. Amati hiasan pada kartu pos berikut! 

Ayo Berkreasi

Siti mengajak Dayu dan Lani membuat kartu pos. Siti menyediakan karton seukuran kartu pos. Selanjutnya, Siti, Dayu, dan Lani menghias sekeliling kartu pos dengan karya hiasan. Buatlah hiasan yang sama seperti Siti dan teman-teman pada kartu pos di bawah ini

Setelah mengamati teks di atas, kalian tentu memahami apa yang dimaksud dengan kartu pos, bukan? kartu pos merupakan secarik kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang, berguna untuk menulis dan mengirim surat tanpa amplop, tentu dengna harga yang lebih murah daripada surat.

bagaimana kalau tidak punya kartu pos? tentu teman teman bisa menggunakan kertas apapun sebagai kartu pos, dengan syarat kartu posnya harus berukuran sama dan sesuai dengan ukuran kartu pos aslinya dan harus ditempeli perangko.

Dengan demikian, kita bisa membuat kartu pos kita sendiri ya teman teman.kapanpun kita mau mengirim kartu, kita bisa membuatna sendiri. artinya kalian tidak perlu repot lagi harus membeli kartu pos keluar rumah ya teman. 

Berikut ini langkah langkah membuat kartu pos untuk kelas 3 SD.

BACA JUGA:

Membuat Kartu

  1. Ambil secarik kertas yang bagus (baru), usahakan pilih yang cukup tebal. Tujuannya supaya kartu tidak mudah rusak ketika proses pengiriman ke alamat tujuan. 
  2. Buatlah ukuran kartu pos sesua standar yang berlaku di Indonesia, yaitu memiliki ketebalan setidaknya minimal 2 mm, dan maksimal 2.5 mm, memiliki berat 1.5 gram dan maksimal 3 gram. 
  3. Gunakan gunting untuk memotong kertas sesuai ukuran kartu pos yang sesungguhnya. yaitu berukuran 90 x 140 mm dan maksimal 120 x 235 mm (dengan toleransi 2 mm). Hati-hatilah dalam memegang gunting, karena bisa melukai tanganmu. usahakan kartu yang dihasilkan membentuk sudut 90 derajad. 
  4. setelah mendapatkan ukuran yang sesuai, saatnya menggambar garis tengah di bagian belakang kartu pos. sebelah kiri digunakan untuk menuliskan pesan serta alamat pengirim, sementara itu sebelah kanan digunakan untuk menulis alamat penerima.
  5. Berdasarkan standar kartu pos di Indonesia, garis tengah yang dibuat harus menggunakan perbandingan 45:75, jadi tidak ditarik garis benar-benar dari tengah kartu.  
  6. Selanjutnya adalah menggambar garis alamat. sebelah kanan dan kiri, tarik garis untuk tempat alamat penerima dan pengirim, kemudian gambar kotak kecil untuk tempat kode pos 
  7. tambahkan tulisan “Kartu Pos” pada bagian atas kartu pos yang kalian buat, nama “Pengirim” di tempat alamat pengirim, dan nama “Penerima” di tempat alamat penerima.
  8. pastikan kode pos harus sesuai standar  

Menghias Bagian Depan Kartu Pos

Setelah selesai membuat kartu bahannya, saatnya menghias bagian depan kartu pos. Kartu pos pada dasarnya dibuat semenarik mungkin supaya penerima senang menerima kartu pos dari kalian. Kalian bisa menggunakan beberapa alat untuk menghias kartu pos buatan kalian sendiri tersebut. Beberapa benda yang bisa kalian pilih untuk menghias kartu pos buatan kalian sendiri:

  1. Potongan gambar dari koran dan/atau majalah
  2. Foto
  3. Kertas karton
  4. Tinta
  5. Cat
  6. Pita
  7. Pernak-pernik kecil
  8. Glitter
  9. Lem

Mulailah menghias kartu  pos buatan kalian sesuai dengan imajinasi dan kreativitas kalian. Kalian bisa juga menghias dengan mengambil contoh dari internet. atau jika ingin simpel kalian bisa menghiasnya semirip mungkin dengan kartu pos pada umumnya.

Berikut beberapa ide yang bisa dicoba untuk menghias kartu pos:

  1. Tempelkan sebuah foto diri atau foto yang menarik, 
  2.  hias bagian tepi dengan  glitter 
  3. hias dengna gambar yang relevan degnan isi pesan, misalnya pesan valentin, maka bisa menghias dengn gambar hati atau bunga. 
  4. bisa menambahkan hiasan huruf dan kata degnan membuat kolase. 
  5. Gunakan pita, msalnya untuk menghias kartu pos untuk anyaman.

Cara Mengirim Kartu Pos

  1. Tulislah alamat pengirim dan juga pesan Anda. Gunakan ruang di sebelah kiri di bagian belakang kartu pos Anda untuk menuliskan alamat pengirim atau alamat lengkap Anda (beserta kode pos) serta pesan yang ingin Anda kirimkan ke penerima.
  2. Anda bisa sedikit menghias bagian belakang ini asalkan tulisan Anda tetap bisa dibaca dengan jelas dan tidak melanggar standarisasi.
  3. Tulis alamat penerima. Di ruang sebelah kiri, tulis nama dan alamat penerima. Pastikan Anda tidak lupa memasukkan kode pos.
  4. Tempelkan perangko. Tempelkan perangko di bagian kanan atas di bagian belakang kartu pos. Biaya perangko untuk kartu pos biasanya lebih murah daripada biaya perangko untuk surat biasa.
  5. Kirimkan. Pergi ke kantor pos atau kurir lalu kirimkan kartu pos Anda.

Akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang membuat kartu pos kelas 3 sd sebagai materi tema 7 kelas 3 yang teradapat pada halaman 122. semoga bermanfaat.