Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MEMBANDINGKAN BERAT BENDA KELAS 2 SD

 Rifanfajrin.com - membandingkan berat benda kelas 2 sd

Rangkuman Matematika: Membandingkan Berat, Pengenalan Berat, dan Menuliskan Waktu, Belajar dari Rumah SD Kelas 2

Hai teman teman apa kabar semuanya? semoga kalian selalu sehat selalu ya. Pada materi kali ini kita akan belajar menggunakan alat ukur berat sederhana, serta belajar tentang jenis-jenis satuan berat.

Mengenai pengukuran berat, rifanfajrin pernah menulis artikel tentang macam macam timbangan. bisa kalian baca pada link berikut ini:

Nah, pengukuran berat suatu benda dapat dilakukan menggunakan dua metode, diantaranya denga pengukuran tidak baku dan pengukuran baku.

Pengukuran tidak baku

Pengukuran tidak baku merupakn pengukuran dengna cara mengira-ira berat benda, misalnya dengna cara menjinjing, mengangkat, membawa, memikul, dan atau menimbang menggunakan kedua tangan. Pengukuran dengan satuan tidak baku dilakukan dengan menggunakan anak timbangan berupa benda , misalnya kelereng, buku, gunting atau benda lainnya. Sebagai contoh, ternyata berat gunting ketika ditimbang sama beratnya dengan berat dua buah buku. Dengan demikian, maka buku sudah menjadi satuan ukuran berat tidak baku.

Pengukuran baku

Pengukuran berat benda dengan satuan baku yaitu mengukur menggunakan timbangan atau anak timbangan. Sebagaimanak kita ketahui bahwa timbangan merupakan alat untuk mengukur berat suatu benda. Dinamakan timbangan karena kegiatan mengukur berat benda dilakukan dengan menimbang.

Dalam kehidupan sehari-hari, berat benda dinyatakan dalam satuan kilogram (kg), ons (hektogram (hg)), dan gram (g).

1 ons = 100 gram

1 kg = 1.000 gram

1 kg = 10 ons

Bahan bahan pokok di rumah seperti beras, gula, tepung, kue, sayur-mayur, telur, dan buah- buahan, dikur beratnya dengan menggunakan satuan kilogram dan ons. Sedangkan ukuran berat gram, umumnya digunakan untuk emas, kertas, dan obat-obatan.

Cara Membandingkan Berat dan Pengenalan Berat

Membandingkan berat dilakukan dengan cara mengukur menggunakan timbangan, atau menggunakan cara yang tidak baku dengan perbandingan antar benda. Sebagai contoh untuk membandingkan berat dua buah benda dengan timbangan maka kita bisa melihat arah timbangan itu. Timbangan yang garisnya lurus menandakan dua buah benda yang dibandingkan sama beratnya. Sementara itu apabila miring ke arah kanan bawah, artinya benda di sebelah kanan lebih berat daripada benda yang ada di sebelah kiri, dan sebaliknya.

Contohnya, apabila terdapat gambar timbangan neraca yang bagian kanannya adalah belimbing dan pada bagian kiri adalah jeruk, didapatkan hasil timbangan neraca itu miring ke arah kanan bawah, apa artinya?

Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka dapat ditulis bahwa belimbing lebih berat daripada jeruk atau jeruk lebih ringan daripada belimbing.

Selain menggunakan satuan tidak baku, bisa juga menggunakan satuan baku untuk menunjukkan berat benda, yaitu gram, kuintal, dan ton.

Satuan baku untuk menunjukkan berat

Satuan baku untuk mengukur berat adalah kilogram (kg). Kilogram dapat diubah ke dalam satuan berat yang lain, yaitu gram, ton, dan kuintal.

Misalnya, berat sebuah penjepit kertas adalah 1 gram, berat seekor anak kucing 200 - 300 gram, berat kucing dewasa 3 - 5 kilogram, dan berat seekor sapi 750 kilogram.

Perbandingan antara kilogram dan gram adalah, 1 kilogram = 1000 gram.  Maka berat sapi 750 kilogram = 750.000 gram.

Contoh Soal Cerita Matematika tentang Berat

Soal 1

Semua krayon di Pabrik Krayon Karin memiliki berat yang sama. Karin menimbang 7 krayon dan menemukan total beratnya 56 gram.

Berapakah berat dari 1 krayon?

Penyelesaian:

Dari informasi pada soal di atas, diketahui bahwa total 7 krayon adalah 56 gram. maka untuk mengukur berat 1 krayon, dapat dilakukan dengan cara membagi total berat krayon, dibagi jumlah keseluruhan krayon, yaitu 56 gram : 7 krayon = 9 gram. Jadi berat 1 krayon adalah 9 gram.

 Soal 2

Tina memiliki 5 buah pensil, semua pensilnya memiliki berat yang sama. Berat dari 1 pensil adalah 8 gram.

Pertanyaannya, berapakah total berat 5 pensil?

Penyelesaian:

Dari informasi pada soal di atas, diketahui bahwa berat 1 buah pensil adalah 8 gram. sedangkan Tina memiliki 5 buah pensil. maka total berat 5 buah pensil yang dimiliki tina adalah 5 pensil x 8 gram = 40 gram.

Menuliskan Waktu pada Jam

Pada jam tangan atau jam dinding, terdapat bilangan 1 hingga 12 yang berfungsi untuk menunjukkan waktu.

Dalam satu hari satu malam, terdapat 24 jam, sehingga dalam sehari jarum pada jam berputar penuh sebanyak dua kali.

Setelah pukul 12 siang, penulisan waktu diteruskan menjadi pukul 13.00, 14.00 dan seterusnya hingga pukul 24.00, teman-teman.

Jam memiliki dua buah jarum, yaitu jarum pendek dan jarum panjang. Jarum yang lebih pendek menunjukkan jam dan dan jarum yang lebih panjang menunjukkan menit.

Setiap bergeser satu bilangan, jarum panjang menunjukkan kelipatan waktu lima menit. Biasanya, di antara bilangan itu ada garis atau titik yang menunjukkan setiap menitnya.

Jadi, jika jarum jam yang panjang mengarah ke angka 1 itu berarti 5 menit, kemudian jika mengarah ke angka 2 itu berarti 10 menit, dan seterusnya.

akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang bagaimana membandingkan berat kelas 2 sd, semoga bermanfaat.