CONTOH PERUBAHAN KIMIA

 Rifanfajrin.com - contoh perubahan kimia
ciri perubahan kimia

Dalam perubahan kimia selalu terbentuk zat yang baru. berikut merupakan Ciri-Ciri Perubahan Kimia

Pembentukan Gas

Reaksi kimia bersifat unik. Beberapa reaksi kimia tertentu dapat membentuk gas. Contoh reaksi kimia,yang membentuk gas misalnya : reaksi logam magnesium (Mg) yang bereaksi dengan asam klorida (HCl). Reaksi tersebut dapat ditulis sebagai berikut:

Magnesium + Asam klorida Magnesium klorida + gas hidrogen

Mg(s) + 2HCl(aq) MgCl2 (aq) + H2(g)

Gas yang terbentuk dapat dilihat berwujud gelembung-gelembung kecil. Gas tersebut adalah gas hidrogen. Contoh reaksi pembentukan gas yang lain misalnya reaksi elektrolisis air (H2O) menjadi gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2).

Pembentukan Endapan

Reaksi pengendapan merupakan reaksi yang menghasilkan suatu senyawa yang berbentuk padatan. Padatan tersebut tidak larut atau tidak bercampur secara homogen dengan cairan di sekitarnya. Padatan tersebut disebut endapan.

Salah satu contoh reaksi yang dapat membentuk endapan misalnya yang terjadi antara barium klorida (BaCl2) dengan natrium sulfat (Na2SO4). Reaksi tersebut berlangsung sebagai berikut:

Barium klorida + Natrium sulfat Barium sulfat + Natrium klorida

BaCl2(aq) + Na2SO4(aq) BaSO4(s) + 2NaCl(aq)

Contoh reaksi pembentukan endapan yang lain misalnya yang terjadi antara timbal nitrat (Pb(NO3)2) dengan natrium iodida (NaI) akan menghasilkan endapan timbal iodida yang berwarna kuning.

Perubahan Warna

Mengapa suatu reaski kimia bisa menimbulkan / menghasilkan warna yang berbeda? Hal ini terjadi disebabkan ketika suatu reaksi kimia berlangsung, akan terjadi perubahan komposisi dan terbentuk suatu zat baru yang mungkin memiliki warna yang berbeda.

Contoh reaksi kimia yang memberikan warna yang khas misalnya reaksi yang terjadi antara tembaga sulfat (CuSO4) dengan air (H2O). Warna tembaga sufat berwana putih apabila ditambahkan air, warnanya akan berubah warna menjadi biru. Warna biru tersebut meruapakan warna senyawa baru yang terbentuk, yaitu CuSO4.5H2O.

Perubahan suhu

Reaksi kimia disertai perubahan energi. Salah satu bentuk energi yang sering menyertai ketika terjadi proses reaksi kimia adalah energi panas. Dapat disimpulkan bahwa terjadinya perubahan kimia selalu ditandai dengan perubahan energi panas, atau aliran kalor dari atau ke lingkungan. Maka suhu hasil reaksi dapat menjadi lebih tinggi atau dapat menjadi lebih rendah daripada suhu pereaksinya.

AKHIR KATA

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang contoh perubahan kimia meliputi ciri ciri perubahan kimia. semoga bermanfaat.

close