Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENDAPATKAN BANTUAN KUOTA GRATIS DARI PEMERINTAH

CARA MENDAPATKAN BANTUAN KUOTA GRATIS DARI PEMERINTAH


Pemerintah telah membagikan kuota internet gratis mulai tanggal 11 Maret 2021.

Pembagian kuota internet gratis ini disampaikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud.

Perlu Anda ketahui bahwa bantuan kuota gratis ini akan dibagikan selama 3 bulan yaitu Maret, April, dan Mei, yang akan diberikan setiap tanggal 11 sampai 15 dan akan berlaku sampai 30 hari.

Bantuan kuota internet gratis ini ditujukan bagi para siswa untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ), dan kuota yang didapatkan pun berbeda pada masing-masing jenjang.

Peserta didik PAUD akan mendapatkan kuota internet sebesar 7 GB per bulan. Sedangkan bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA masing-masing akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis 10 GB per bulan.

Tidak hanya diperuntukan bagi peserta didik, para pendidik atau pengajar PAUD, SD, SMP, dan SMA juga akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis sebesar 12 GB per bulan. Sedangkan mahasiswa dan dosen akan mendapatkan 15 GB perbulan.

Para penerima bantuan ini adalah mereka yang telah menerima bantuan kuota pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya masih aktif, kecuali mereka yang total penggunaannya kurang dari 1 GB.

Lantas bagaimana kalau anda belum juga mendapatkan bantuan ini?

bantuan kuota gratis pemerintah


Apabila Anda belum dapatkan bantuan kuota internet gratis dari pemerintah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

PERUBAHAN NOMOR


Apabila nomor siswa atau pendidik berubah atau belum pernah menerima kuota sebelumnya, maka kemungkinan akan baru bisa menerima bantuan kuota internet gratis mulai bulan April 2021.

Jika ada yang nomornya berubah atau belum menerima bantuan kuota sebelumnya, maka calon penerima kuota internet gratis harus terlebih dahulu melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota internet gratis. 

Kemudian, selanjutnya pimpinan atau operator satuan pendidikan akan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru tersebut.

BATASAN AKSES

Untuk anda ketahui bahwa program bantuan kuota internet gratis ini merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya yang telah berjalan tahun lalu.

Walaupun kuota yang diberikan tidaklah sebesar pada tahun-tahun sebelumnya, namun bedanya ada kuota yang diberikan pada tahun ini dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Meskipun demikian, tetap ada sejumlah aplikasi atau laman yang tidak dapat diakses menggunakan bantuan kuota tersebut yaitu situs situs yang telah diblokir oleh kemenkominfo serta beberapa media sosial seperti Twitter, Instagram, Tiktok, dan Facebook.

SYARAT PENERIMA BANTUAN KUOTA INTERNET GRATIS TAHUN 2021

Merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud nomor 4 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet tahun 2021, dijelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima bantuan kuota data internet tahun 2021.

Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

1. PESERTA DIDIK PAUD DAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH


- Calon penerima bantuan kuota harus terdaftar di aplikasi data pokok pendidikan (dapodik)

- Calon penerima bantuan harus memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik atau orang tua atau anggota keluarga atau wali

2. MAHASISWA

- Mahasiswa calon penerima bantuan harus terdaftar di aplikasi pangkalan data pendidikan tinggi (PDDikti)

- Mahasiswa calon penerima bantuan kuota harus berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree)

- Memiliki nomor ponsel aktif

- Mahasiswa harus memiliki kartu rencana studi pada semester yang sedang berjalan.

3. PENDIDIK PAUD DAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH


- Pendidik calon penerima bantuan harus terdaftar di aplikasi dapodik

- Memiliki nomor ponsel aktif

4. DOSEN


- Dosen calon penerima bantuan kuota data internet gratis harus terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif

- Dosen yang bersangkutan harus memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP)

- Memiliki nomor ponsel yang aktif

===

Demikianlah sekilas info tentang cara mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari pemerintah. Semoga bermanfaat.