CARA MEMBUAT SABUN COLEK SUNLIGHT

rifanfajrin.com - cara membuat sabun colek sunlight
sabun colek sunlight, sunlight sabun colek

Sabun colek banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari. penggunaannya yang praktis dan murah menyebabkan jenis sabun ini cukup digemari. meskipun harganya murah, tidak ada salahnya kita mencoba membuat sendiri sabun colek. Salah satu yang ditekankan dalam pembelajaran kimia adalah bagaimana mengembangkan kreativitas siswa dalam menerapkan materi yang dipelajari menjadi produk tepat guna, selain untuk mengembangkan kemampuan juga sekaligus mengembangkan jiwa kewirausahaan. Salah satunya adalah dengan memcoba membuat deterjen krim (sabun colek). Selain lebih ekonomis, hasil yang diperoleh lebih memuaskan karena lebih irit dan bersih. Bahkan mungkin kualitas bisa sedikit di bawah sabun colek sunlight, sunlight sabun colek.

Membuat Deterjen Krim [Sabun Colek]

Alat – alat :

1. Timbangan surat / timbangan roti yang dapat menimbang sampai 2 kg (1 buah)

2. Gelas takaran ukuran 500 mL (2 buah)

3. Ember plastik volume 10 L (1 buah)

4. Mangkuk/wadah plastik volum 100 mL (2 buah)

5. Cawan (1 buah)

6. Pengaduk kayu (1 buah)

Bahan-bahan :

1. Soda Kaustik /Soda Api/NaOH (45 gr)

2. STPP (45 gr)

3. Soda Abu/Na2CO3 (105 gr)

4. CMC (30 gr)

5. ABS (300 gr)

6. Parfum (3 cc)

7. Pewarna (1 gram)

8. Air (600 cc)

Cara Membuat : 

1. Campurkan soda api dengan 150 cc air dalam wadah ember. Aduk – aduk hingga larut. (soda api sulit larut dalam air)

2. Masukkan STPP ke dalam mangkuk I, campurkan dengan 150 cc air. Aduk – aduk hingga larut. (STPP agak sulit larut dalam air)

3. Masukkan Soda Abu ke dalam mangkuk II, campurkan dengan 300 cc air. Aduk – aduk hingga larut. Masukkan CMC. Aduk-aduk hingga larut sempurna dan dihasilkan larutan mirip bubur.

4. Masukkan larutan STPP (mangkuk I) ke dalam ember no.1. Aduk hingga bercampur rata. Masukkan campuran no.3 (mangkuk II) dan aduk lagi. Terakhir, tuangkan ABS. Aduk dengan sempurna (dengan tenaga kuat) selama 10-15 menit. Hasil adukan berupa cairan kental (pasta) berbentuk seperti bunga kol putih. Pengadukan harus dilakukan secara hati-hati, jangan sampai terkena kulit karena pada proses ini terjadi reaksi eksotermis (pelepasan kalor). Pasta menjadi panas (mencapai suhu ± 45 ÂșC). Oleh karena itu, ember terasa panas jika disentuh.

5. Diamkan adonan sampai dingin (selama 3-5 menit). Sementara itu, buat larutan pewarna : larutkan 1 gram pewarna ke dalam 1 cc air menggunakan wadah cawan.

6. Masukkan pewarna ke adonan sabun, aduk hingga rata. Terakhir, masukkan parfum. Aduk merata. Sabun colek siap digunakan. 

AKHIR KATA

demikianlah cara membuat sabun colek sunlight, semoga bermanfaat.

close