Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ARTI BERKEMBANG BIAK, KETURUNAN, MEMPERBANYAK, DAN KELESTARIAN

Rifanfajrin.com - arti Berkembang Biak, Keturunan, Memperbanyak, dan Kelestarian
ARTI BERKEMBANG BIAK, KETURUNAN, MEMPERBANYAK, DAN KELESTARIAN

Hai teman-teman, jumpa lagi dengan rifanfajrin. pada pembahasan kelas 1 sd minggu ini, telah sampai pada materi tentang berkembang biak, keturunan, memperbanyak, dan kelestarian. apa sih yang dimaksud dengan kata kata ini? Jadi, istilah Berkembang Biak, Keturunan, Memperbanyak, dan Kelestarian, merupakan beberapa istilah yang muncul pada materi Tema 7 Kelas 1 SD dan MI bersumber pada buku tematik tema 7 kelas 1 SD dan MI halaman 34. Materi tersebut membahas tentangciri-ciri dari makhluk hidup.

Pada artikel yang telah lalu, rifanfajrin telah menyinggung tentang contoh benda hidup dan tak hidup serta ciri cirinya. 

BACA JUGA:

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah berkembang biak dan memiliki keturunan untuk menjaga kelestariannya.

Berkembang biak, keturunan, memperbanyak, dan kelestarian adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang biologi namun telah diajarkan dan dikenalkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar.

Rifanfajrin merangkum dari berbagai sumber, tentang arti berkembang biak, keturunan, memperbanyak dan kelestarian, sebagai berikut.

1. Berkembang biak

Berkembang biak berasal dari kata dasar kembang. biak. Berkembang biak memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga berkembang biak dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Berkembang biak jika ditinjau dari Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses makhluk hidup dalam memperbarui keturunannya untuk mempertahankan atau memelihara spesiesnya.

Salah satu tujuan utama makhluk hidup berkembang biak adalah bertujuan untuk mempertahankan jenisnya (spesiesnya) di alam agar tidak mengalami kepunahan.

Dengan berkembang biak, maka spesies yang tbersangkutan akan terus ada dan dapat dijumpai di alam (beberapa hewan juga hidup di alam liar). Kepunahan merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh makhluk hidup. Sehingga, berkembang biak merupakan salah satu karakteristik dasar yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup.

2. Keturunan

Keturunan bisa diartikan berbagai hal. Keturunan adalah makhluk hidup yang diturunkan atau dilahirkan dari makhluk hidup sebelumnya. Keturunan bisa diartikan sebagai suatu individu yang terlahir dari keturunan sebelumnya dan invidu yang baru lahir itu akan meneruskan generasi dari keturunan sebelumnya. Keturunan juga bisa diartikan sebagai lahirnya individu baru.

Ke- adalah imbuhan kata dari keturunan. Turunan artinya generasi.

3. Memperbanyak

Menurut KBBI memperbanyak adalah menjadikan lebih banyak, mengalikan, menggandakan dan lain sebagainya. Memperbanyak artinya kegiatan menjadikan sesuatu menjadi lebih banyak. Sesuatu itu bisa berupa benda apapun asalkan bisa diperbanyak.

Memper- adalah imbuhan dari kata memperbanyak. Banyak adalah jamak.

4. Kelestarian

Kelestarian adalah suatu keadaan atau kondisi yang sifatnya tetap seperti keadaan semula atau tidak berubah. iasanya,untuk makhluk hidup kelestarian perlu dijaga supaya tidak punah.

Ke- adalah imbuhan dari kata kelestarian. Lestari adalah keadaan yang tetap dan seperti dijelaskan. Sedangkan, -an adalah akhiran dari kata kelestarian.

AKHIR KATA

Itulah ulasan rifanfajrin tentang istilah berkembang biak, keturunan, memperbanyak dan kelestarian. semoga bermanfaat ya.