Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

APA YANG DIMAKSUD DENGAN IKLAN?

rifanfajrin.com - apa yang dimaksud dengan iklan?
Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1, Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Hari ini jumpa lagi dengan rifanfajrin yang akan mengulas tentang materi pelajaran kelas 5 SD yang bersumber dari buku tematik kelas 5 ya. Kali ini kita akan bahas  tema 9, subtema 1, kurikulum 2013 yaitu tentnag Benda Tunggal dan Campuran. Adapun materi kali ini secara spesifik akan mengupas tentang iklan. Apa sih iklan itu? Kita cari definisinya dulu yuk!

Pengertian Iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) iklan  berita adalah pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan seringkali juga didefinisikan sebagai pemberitahuan untuk mempromosikan kepada khalayak tentang suatu barang atau jasa yang dijual.

Iklan bisa ditampilkan di berbagai media, misalnya di media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, media daring, atau di tempat umum.

Untuk lebih memahami tentang iklan, mari kita ulas lebih lanjut tentang  unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa iklan.

Unsur-Unsur Iklan

Iklan memiliki setidaknya tujuh unsur yang terdapat di dalamnya, berikut ulasan tentang 7 unsur iklan tersebut:

  1. Nama Produk yang diiklankan
  2. Slogan atau kata kunci, merupakan kata-kata yang menggambarkan keseluruhan isi iklan agar konsumen dapat dengan mudah mengingat produk yang diiklankan. Biasanya berupa kata-kata yagn singkat namun unik sehingga menarik perhatian.
  3. Keunggulan produk yang diiklankan
  4. Nomor telepon, alamat, atau info lainnya ini berlaku untuk iklan dalam bentuk jasa atau iklan untuk memasarkan suatu produk yang dpat dipesan oleh konsumen. 
  5. Gambar yang menarik perhatian konsumen. Gambar yang menarik akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi konsumen yang melihat iklan tersebut, sehingga ketika membutuhkan barang ia akan ingat iklan yang telah dilihat tersbut. Kadang dalam pandangan pertama, dikarenakan iklan memiliki gambar yang menarik, maka konsumen akan tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan
  6. Mencantumkan harga produk yag diiklankan. Tujuannya untuk memudahkan konsumen untuk mengetahui berapa uang yang harus disiapkan untuk membeli.
  7. Keterangan tambahan atau kalimat penjelas sebagai tambahan informasi dan sifatnya sebagai pelengkap dan penjelas.

Ciri-Ciri Bahasa Iklan

  1. Menggunakan bahasa yang informatif, sehingga mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi calon konsumen.
  2. Bersifat sugestif, artinya menawarkan solusi bagi calon konsumen.  Kalimat yang digunakan sebisa mungkin harus menarik perhatian konsumen dan terkesan membujuk konsumen untuk menggunakan barang tersbut.
  3. Komunikatif, yaitu kalimat yang digunakan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.
  4. Singkat, jelas dan padat. Gunakan kata-kata yang diperlukan tapi maknanya luas agar bisa menggambarkan isi iklan.

akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pengertian iklan, unsur-unsur iklan, dan ciri ciri bahasa iklan yang diperuntukkan untuk siswa sd kelas 5, semoga bermanfaat ya.