Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

YUK BELAJAR UNTUK TANGGAP BENCANA KELAS 4 SD

Rifanfajrin.com - yuk belajar untuk tanggap bencana!

tanggap bencana


Hai teman-teman kali ini Rifan Fajrin akan mengulas belajar di rumah melalui tayangan televisi TVRI kelas 4 SD tentang belajar tanggap bencana. Judulnya, yuk belajar untuk tanggap bencana. 

Jadi sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah melalui Kemdikbud menyiapkan tayangan pembelajaran televisi untuk menunjang pembelajaran jarak jauh atau online. 

Materi belajar tanggap bencana merupakan materi kelas 4 SD episode 37 yang bersumber dari modul tema 6 yaitu alam Indonesiaku, subtema 4 bencana dan mitigasi bencana. 

Adapun sinopsis tayangan televisi episode kelas 4 SD adalah sebagai berikut.

pada hari ini kakak dan adik menyaksikan seseorang membuang sampah di sembarang tempat selokan di sekitar lingkungan rumahnya. Kakak menjelaskan kepada adik bahwa perilaku orang tersebut tidak baik, sebab perilaku tersebut dapat menyebabkan penyumbatan aliran air sehingga terjadi banjir. Lalu kakak kak mengajarkan kepada adik cara membuat peta kawasan rawan bencana atau mitigasi. adik belajar berpikir bagaimana cara mengelola informasi dari suatu kejadian. 

BACA JUGA: YUK CEGAH BENCANA KELAS 5 SD

Muatan pembelajaran

Adapun muatan pembelajaran diantaranya adalah:

  • a. Penyebab dan pencegahan bencana
  • b. Belajar membuat kalimat himbauan, perintah serta larangan, untuk menjaga alam supaya tidak terjadi bencana alam. 
  • c. Mengenali kalimat majemuk dan numerasi berhitung

Penguatan karakter

Karakter yang di pupuk dalam tayangan tersebut antara lain

1. Belajar penalaran kritis yaitu bagaimana memperoleh informasi dan mengolahnya yang berasal dari suatu kejadian alam dan lingkungan sekitar

2. Mengelola informasi dengan baik dan benar

3. Kreatif dalam menghasilkan suatu tindakan yang original

4. mampu berpikir secara logis dalam merespon suatu informasi yang diperoleh

*Literasi 1

Catatan: 

Jawaban untuk pertanyaan gambar sampul adalah pemantik anak supaya siswa tertarik untuk membaca wacana sesudah mencermati gambar. oleh sebab itu biarkan anak menjawab sesuai dengan pendapat opini mereka.

*Soal

1. Apa penyebab abrasi pantai?

2. Bagaimana cara agar sampah tidak dibuang ke sungai?

3. Menurutmu apa cara yang tepat agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi?

*Jawaban:

1. Abrasi pantai terjadi dikarenakan tingginya gelombang laut, dan hilangnya ekosistem bawah laut akibat penambangan pasir 

(siswa boleh menjawab salah satu jawaban di atas atau ketiganya).

2. cara mencegah masyarakat tidak membuang sampah ke sungai adalah dengan menyediakan tempat sampah di lingkungan sekitarnya, berlangganan layanan pengambilan sampah melalui dinas kebersihan lingkungan sekitar dengan membayar kontribusi pembayaran kebersihan sampah, serta memberikan peringatan larangan masyarakat untuk membuang sampah ke sungai, jika melanggar akan diberikan sanksi dan denda  

3. Agar tidak terjadi kebakaran hutan, dengan cara melaksanakan patroli yang ketat karena bisa saja hutan sengaja dibakar oleh oknum tertentu, selain itu kita dapat melakukan deteksi titik rawan kebakaran hutan dan mendeteksi sedini mungkin kebakaran hutan. selanjutnya dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran hutan yang lebih canggih, melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk bersama menjaga hutan.

AKHIR KATA

Demikian ulasan rifanfajrin tentang belajar untuk tanggap bencana sesuai dengan episode tayangan belajar di rumah TVRI hari ini. semoga bermanfaat ya!