Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MENARA MIRING PISA BERADA DI NEGARA ITALIA

rifanfajrin.com - menara miring pisa berada di negara italia

menara miring pisa
menara miring Pisa

Pembangunan Menara Pisa

Menara miring Pisa merupakan salah satu keajaiban dunia. Menara miring tersebut berada di negara Italia. Pembangunan menara Pisa awal mulanya dilakukan pada Agustus 1173. Fungsi awalnya didirikan sebagai menara bel untuk membunyikan lonceng gereja katedral di Pisa Italia. Penyebab kemiringan pada menara Pisa dikarenakan pembangunan menara tersebut terletak diatas tanah yang tidak begitu padat yaitu di atas tanah liat, pasir halus, dan kerang. Sebab kota Pisa sendiri terletak di antara sungai Arno dan Serchio.

Dalam sejarah pembangunannya, dikarenakan beberapa hal diatas maka pembangunan menara sempat dihentikan hingga 100 tahun lamanya. Terlebih saat itu juga sedang terjadi perang di Pisa. Penghentian pembangunan sementara tersebut ternyata membawa beberapa manfaat. Salah satunya adalah tanah justru mulai mengendap menjadi lebih padat. Oleh sebab itu tak lama kemudian pembangunan dilanjutkan kembali. Namun ternyata menara condong 0,2 derajat ke utara. Oleh sebab itu para pekerja bangunan mulai melanjutkan pemembangunan bagian lantai 7, namun malah membuat menara condong ke selatan hingga 1 derajat. karena faktor tersebut maka pembangunan dihentikan kembali hingga 100 tahun. selama pembangunan berhenti menara malah semakin miring 1,6 derajat ke arah selatan.

Para ahli yang mengerjakan menara Pisa lalu memperhitungkan untuk membuat sisa menara lebih tinggi pada bagian utaranya. Namun beban di bagian utara tersebut malah membuat menara tenggelam ke tanah sehingga semakin miring mencapai 5,5 derajat ke selatan. Restorasi pun dilakukan tepatnya pada tahun 1990 sampai 2001. Restorasi tersebut membantu menara menjadi sedikit stabil. Sehingga saat ini menara Pisa yang bisa masih bersandar ke selatan dengan kemiringan mencapai 3,99 derajat.

Mengapa menara Pisa tidak roboh

Menara Pisa menjadi unik karena kemiringannya. Hingga saat ini publik masih bisa menikmati keindahan dan keunikan pisa dengan kemiringannya tersebut. Adanya pusat gravitasi menyebabkan menara Pisa masih bisa berdiri sampai sekarang. setiap objek benda pasti memiliki massa dan memiliki pusat massa yang disebut sebagai pusat gravitasi. Pusat gravitasi inilah yang menjadi titik dalam sebuah objek. oleh sebab itu semua masa harus terkonsentrasi jika ingin memperkirakan objek dengan titik.

Keseimbangan menjadi sempurna apabila gravitasi berada pada torsi yang sama ke segala arah pada sekitar titik suatu benda. Dengan perhitungan tersebut sampai saat ini menara Pisa tidak roboh dikarenakan pusat gravitasinya terjaga dengan baik dan masih berada pada posisi yang benar. Inilah sebabnya walaupun menara Pisa memiliki kemiringan hampir 4 derajat namun tidak roboh.

Kemungkinan roboh

Beberapa ahli mulai memperkirakan bahwa sejak dilakukan restorasi tahun 1990, menara Pisa akan senantiasa dipantau. Pemantauan dilakukan secara konstan dan kontinu pada lokasi dengan cara memasang sensor di sekitar menara. Hal ini dilakukan agar setiap unsur yang menjadi stabilitas menara selalu di pastikan keamanannya dengan cara cara tersebut. Sehingga apabila terdeteksi kemungkinan roboh maka dapat segera melakukan tindakan sesegera mungkin. menara Pisa diprediksi tidak akan roboh dalam waktu 200 tahun ke depan, namun bisa saja roboh apabila terjadi gempa yang sangat kuat di tuscany dan kota Pisa. Tuscany dan Pisa sendiri sampai saat ini belum pernah mengalami gempa dalam 800 tahun terakhir. Semoga tidak pernah terjadi ya.

Akhir kata

Demikian ulasan rifanfajrin.com tentang menara miring pisa berada di negara italia. semoga bermanfaat ya.