KARAKTER POSITIF ANGGOTA KELUARGA DAN MANFAATNYA

rifanfajrin.com - Karakter positif anggota keluarga dan manfaatnya

anggota keluarga karakter positif manfaat
foto anggota keluarga

Halo teman-teman jumpa lagi dengan Rifan  Fajrin, kali ini kita akan membahas tentang anggota keluarga, karakteristik positif nya, serta manfaat keberagaman karakteristik individu dalam keluarga.

Sebagaimana kita tahu bahwa keluarga inti terdiri dari beberapa anggota diantaranya adalah ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek 

Keberadaan anggota keluarga sudah mencerminkan adanya keberagaman dalam lingkup yang terkecil yaitu keluarga. Masing-masing anggota keluarga biasanya memiliki karakteristik individu yang khas yang tentunya membedakan antara anggota satu dengan anggota yang lainnya.

Berikut merupakan pembahasan tentang keberagaman karakteristik positif anggota keluarga dan manfaatnya.

KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU

Karakteristik adalah ciri khas pada setiap individu yang membedakan antara individu satu dengan individu lainnya.

Adapun keberagaman karakteristik individu antara lain sebagai berikut;

1. Keberagaman kelamin; meliputi jenis kelamin pria dan wanita. Keduanya saling melengkapi dan memiliki tugas masing-masing. Pria umumnya memiliki fisik yang lebih kuat sehingga mampu bekerja lebih keras dibandingkan dengan wanita. sebaliknya wanita memiliki keterampilan yang biasanya tidak dimiliki oleh pria misalnya adalah keterampilan memasak, merias, dll.

2. Keberagaman kemampuan akademik: maksudnya adalah setiap individu memiliki keahlian masing-masing. Masing-masing individu biasanya memiliki kemampuan yang menonjol di bidang tertentu. Ada individu yang pandai di bidang seni tetapi lemah di bidang exact. atau sebaliknya kadang pandai matematika tetapi tidak pandai dalam ilmu bahasa. Nah kemampuan-kemampuan yang beragam ini nantinya dalam kehidupan yang lebih luas akan saling melengkapi secara sosial kemasyarakatan.

3. Keberagaman watak dan karakter. Masing-masing individu berbeda-beda watak dan karakternya ada yang pemberani, pemalu, periang, keras kepala, dll. keberagaman ini menjadikan hidup menjadi lebih dinamis dan saling melengkapi satu sama lain.

4. Keberagaman keyakinan/agama. Terdapat beberapa agama yang dianut dan diakui oleh negara. Kebebasan memilih agama mendapatkan jaminan dari pemerintah. adanya perbedaan keyakinan mampu memberikan manfaat bagi kita untuk saling menghargai dan saling membantu serta bertoleransi jika ada kesusahan saling memberikan support dan tidak mengganggu kegiatan keagamaan umat lain.

5. Ras/suku: bangsa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang terdiri dari berbagai macam ras dan suku. adanya perbedaan itu mengharuskan kita untuk mempelajari beraneka budaya serta memahami perbedaan karakteristik antar ras dan suku tersebut. dengan mempelajarinya selain akan memupuk rasa persatuan juga akan menambah wawasan nusantara.

MANFAAT MEMAHAMI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU

Terdapat beberapa manfaat apabila kita memahami keberagaman karakteristik individu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mampu memahami sifat antar anggota keluarga

2. Membentuk rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain

3. Mengetahui cara bersikap dalam menghadapi masalah

4. Meminimalisir adanya perselisihan satu sama lain

5. Menjaga keharmonisan anggota keluarga

KARAKTER POSITIF ANGGOTA KELUARGA DAN MANFAATNYA

Berikut ini merupakan beberapa contoh karakteristik individu dalam keluarga, karakter tersebut untuk menambah pengetahuan serta belajar dalam mencapai cita-cita.

Contoh karakter positif anggota keluarga dan manfaatnya:

Anggota KeluargaKarakter PositifManfaat
Ibupandai memasakibu mampu menjamin kebutuhan gizi semua anggota keluarga dengan menyediakan makanan makanan 4 sehat 5 sempurna
AyahSuka berkebunLingkungan rumahku menjadi indah karena tanaman hias ayah.
KakakPintar matematikaMengajariku saat aku tidak bisa menyelesaikan PR Matematika.
KakekSuka melukisSering mengajariku melukis.

AKHIR KATA

demikialah ulasan tentang anggota keluarga karakter positif manfaat, semoga bermanfaat.

close