Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

GRADASI WARNA

rifanfajrin.com - pengertian gradasi warna, fungsi, dan cara membuat teknik gradasi.

pengertian gradasi, fungsi gradasi

Hai teman-teman apa kabar semuanya semoga kalian selalu diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan baik. Kali ini rifan Fajrin akan mengulas tentang gradasi warna, diantaranya mengulas tentang pengertian, arti, fungsi dan jenisnya.

Gradasi warna bisa diaplikasikan ketika kalian mewarnai, misalnya mewarnai rumah. Sebelumnya Rifan Fajrin telah memberikan beberapa contoh gambar rumah yang bisa kalian warnai.

BACA JUGA: GAMBAR RUMAH UNTUK ANAK SD KELAS 1 

Pengertian Gradasi pada warna

Gradasi merupakan perubahan warna secara bertahap. Artinya terdapat peralihan warna hasil percampuran dengan warna sebelumnya. Sebagai contoh misalnya warna merah yang dicampur dengan warna kuning, menghasilkan warna oranye, yaitu warna rata-rata yang dihasilkan dari percampuran tadi. secara sederhana perubahan warna secara bertahap dari merah ke kuning itulah yang disebut dengan gradasi. 

Fungsi Gradasi

Secara umum gradasi berfungsi untuk menggabungkan dua warna atau lebih untuk menciptakan warna baru.  Gradasi tersebut merupakan transisi warna antara dua warna yang dipilih.

fungsi dari gradasi warna ialah menggabungkan beberapa pilihan warna menjadi suatu kesatuan warna yang lebih padu. Gradasi warna memudahkan mata kita untuk menangkap warna yang akan ditampilkan, serta memudahkan untuk memilih transisi warna yang cocok untuk diaplikasikan pada gambar.

Bagaimana cara membuat gradasi warna?

Cara membuat gradasi warna gelap ke terang, dapat menggunakan media apapun misalnya pensil warna atau krayon. pilihlah krayon yang berwarna gelap kemudian aplikasikan pada bidang objek yang ingin diwarnai. Setelah itu pilih warna yang lebih terang untuk menimpa warna gelap yang dipilih tadi. Begitu seterusnya, pilihlah warna yang lebih terang untuk memperhalus bagian persambungan warna. Lakukan secara hati-hati ketika membalurkan warna transisi dari gelap ke terang. hal ini penting supaya warna yang dipilih dapat membaur dengan sempurna dan terlihat lebih alami.

Sedangkan untuk membuat warna sebaliknya yaitu warna terang ke gelap, maka bisa dipilih terlebih dahulu warna yang terang kemudian diaplikasikan pada objek gambar yang ingin diwarnai. Balurkan warna yang lebih gelap untuk menimpa warna yang terang tersebut. Begitu seterusnya pilihlah warna yang lebih gelap dari warna sebelumnya. Anda bisa melakukannya hingga tujuh lapisan warna. teknik gradasi dari warna terang ke gelap seringkali menciptakan suatu efek yang menakjubkan yaitu efek emboss pada gambar.

Akhir kata

Demikian pembahasan Rifan Fajrin tentang pengertian gradasi, fungsi gradasi, serta cara menghasilkan warna gradasi dari gelap ke terang dan sebaliknya. Semoga bermanfaat