Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH PERUBAHAN ENERGI KIMIA MENJADI ENERGI GERAK

Rifanfajrin.com - contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak

energi gerak, energi kimia

Hai teman-teman, jumpa lagi dengan rifanfajrin, kali ini kita akan mengulas materi tema 6 untuk SD kelas 3 ya, tentang contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak. 

Pengertian energi kimia dan energi gerak

Ssecara seederhana energi kimia diartikan sebagiai energi yang tersimpan di dalam bahan kimia. Energi tersebut dihasilkan oleh reaksi kimia atau membentuk suatu reaksi kimia. Sebagai contoh misalnya makanan, bahan bakar (minyak tanah, bensin, solar, gas) serta batu baterai dan aki merupakan contoh-contoh energi kimia.

sedangkan energi gerak adalah suatu energi yang terjadi ketika sebuah benda atau objek mengalami pergerakan (bergerak). Contoh energi gerak misalnya adalah saat kita mendorong meja, berjalan, berlari, atau gerakan benda lain misalnya kipas angin yang yang digerakkan dengan mesin.

Lalu apa contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak?

1. Aktivitas manusia

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah pada bagian tubuh manusia seperti tangan, kaki, mulut, dan anggota tubuh lainnya dapat bergerak dengan gesit dan lincah ketika tubuh sehat. sedangkan untuk menjadi sehat tubuh membutuhkan makanan yang bergizi. Makanan tersebut merupakan sumber energi kimia yang di konsumsi oleh tubuh. makanan yang telah dicerna menjadi sari-sari makanan yang didistribusikan oleh darah keseluruh tubuh. 

 sari-sari makanan tersebut yang telah didistribusikan kemudian diubah menjadi energi gerak sehingga seluruh tubuh dapat bekerja dengan baik. 

Mata, mulut, tangan, kaki, semuanya dapat bekerja dengan baik karena mendapatkan energi gerak, begitupun dengan bagian tubuh lainnya. 

kita perlu melakukan gerakan tubuh secara teratur supaya aliran darah menjadi lancar dan tidak mengalami penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu maka kesehatan kita akan terjaga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan senam irama yang menyehatkan tubuh kita. Mengenai senam irama ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

2. Bensin menyebabkan kendaraan bergerak

mobil memerlukan bahan bakar berupa bensin untuk menjalankan mesin. mobil juga menggunakan energi kimia yang terdapat di dalam bensin. bensin tersebutlah yang kemudian mengubah energi kimia tersebut menjadi energi panas dan energi gerak sehingga mobil dapat bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifan Fajrin tentang contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Semoga bermanfaat dan tetap semangat belajar. nantikan artikel artikel dan ulasan pembahasan soal lainnya.