Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA MERAWAT TANAMAN

Rifanfajrin.com - cara merawat tanaman

Halo teman-teman apa kabar semuanya,semoga kalian dalam keadaan sehat selalu sehingga dapat beraktivitas dengan baik dan lancar.

Pada post kali ini rifan Fajrin akan membahas tentang cara merawat tanaman supaya tidak mudah layu dan dapat berkembang dengan baik.

Pernahkah kamu menanam tanaman? apakah pernah mengalami tanaman tiba-tiba layu dan mati begitu saja padahal kamu merasa sudah merawatnya dengan baik?

Jika hal tersebut terjadi mungkin menjadi sangat menyebalkan, sebab bukannya mempercantik rumah tetapi justru nampak kumuh karena tanaman-tanaman yang layu. 

Nah supaya tidak terjadi simak ulasan berikut ini.

1. LAKUKAN PENYIRAMAN DENGAN BAIK

Penyiraman adalah langkah penting dalam merawat tanaman kamu terutama tanaman hias. Setiap tanaman pasti membutuhkan air untuk bisa berkembang dengan baik. Namun perlu diingat dalam menyiram tidak boleh asal-asalan, harus dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan air yang diperlukan oleh tanamanmu. Caranya:

  • Siram pada pagi hari atau sore hingga malam hari agar tanaman mu mendapatkan suplai air yang cukup untuk menghadapi teriknya matahari di siang hari
  • Siram tanaman secara cara merata supaya dapat tumbuh dengan baik
  • Hindari menyiram daun terlalu basah sebab dapat menyebabkan munculnya penyakit tanaman
  • Pastikan tidak terdapat genangan air supaya jalur oksigen pada tanaman tetap lancar

2. MEMASTIKAN KEBUTUHAN SINAR MATAHARI SECARA CUKUP

Sinar matahari yang ideal  sangat mempengaruhi keberhasilan tanaman dapat tumbuh dan berkembang.

Misalnya untuk kebun sayur dan buah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup secara langsungselama kurang lebih 6 jam setiap harinya. Sedangkan tanaman hias hanya membutuhkan 3 sampai 4 jam saja setiap harinya. namun berbeda lagi dengan kaktus atau pakis yang hanya membutuhkan paparan sinar matahari 2 jam saja per hari.

3. KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN

Sesuaikan jenis tanaman yang kamu rawat dengan suhu yang ada di sekitar rumahmu. Hindarilah menanam tanaman subtropis atau tanaman khas dataran tinggi jika kamu tinggal di daerah tropis di sekitar pantai. Sebab kelembaban udara akan mempengaruhi kondisi tanaman. Untuk jenis tanaman tertentu yang membutuhkan kelembaban udara kamu dapat menggunakan alat bantu seperti humidifier atau bisa juga menempatkan sumber air di sekitar tanaman mu.

4. MENGATASI PERMASALAHAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN

Hama dan penyakit tanaman merupakan tantangan tersendiri ketika merawat tanaman. Untuk mengatasinya harus menggunakan strategi yang tepat untuk mencegah tanaman terkena serangan penyakit dan hama.

Kamu bisa mencoba hal-hal berikut:

  • Menjaga kualitas tanah dengan memberikan nutrisi yang cukup seperti pupuk kandang (dari kotoran hewan), kompos, secara rutin pada tanaman
  • Melakukan rotasi pada tanaman secara rutin
  • Melakukan optimasi lokasi dan kondisi tanaman
  • Mengatasi rumput rumput liar yang ada disekitar tanaman dengan memotong dan memangkas nya

5. POTONG TANAMAN YANG KERING DAN TELAH MATI

Tanaman yang kering dan mati biasanya hanya sebagian pada tanaman. Kondisi tersebut disebabkan karena pada bagian kering tersebut terdapat penyakit tanaman. Oleh sebab itu ada baiknya kamu segera memotong bagian yang kering tersebut. Dengan demikian penyakit tidak akan menyebar ke bagian tanaman yang lain yang masih hidup. apabila dibiarkan begitu saja bisa saja penyakit akan menyebar ke seluruh bagian tanaman. Memangkasnya adalah langkah yang bijak supaya tanaman tetap dapat tumbuh subur dan terbebas dari penyakit.

6. HINDARI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA

menggunakan pupuk organik atau alami merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat tumbuhan agar dapat tumbuh subur. Para ahli menyampaikan bahwa penggunaan pupuk kandang, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, dan pupuk daur ulang dapat menghindarkan tanamanmu menjadi layu. akan menjadikan kebun tanaman semakin subur

7. MEMBERIKAN NUTRISI YANG BAIK BAGI TANAMAN

Terdapat beberapa nutrisi yang bagus diberikan pada tanaman misalnya

  1. Nitrogen
  2. Fosfor
  3. Potassium
  4. Magnesium
  5. Sulfur
  6. Kalsium

Nutrisi tersebut di atas didapatkan dengan pengolahan tanah yang baik. oleh sebab itu sangat penting untuk mengganti tanah secara berkala agar tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

8. MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKITAR TANAMAN

Salah satu langkah penting dalam merawat tanamanmu adalah menghindarkan tanaman dari sampah anorganik seperti sampah plastik dan kaleng yang tidak dapat diurai dengan baik. sebab kebersihan di sekitar pot dan tanaman juga merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Bersihkan patahan dahan dan daun, pangkas tanaman yang tidak tumbuh dengan semestinya, dan buanglah sisa kotoran yang tidak seharusnya berada disekitar tanaman

9. HINDARKAN TANAMAN BERDEKATAN DENGAN AC

jika menyimpan tanaman di dalam rumah pastikan tidak ditempatkan di dekat sumber sirkulasi udara. Aliran udara yang konstan akan menyebabkan daun tanaman menjadi cepat kering. Letakkan humidifierdan jauhkan tanaman dari sumber-sumber sirkulasi udara seperti AC tersebut

Akhir kata

Demikian ulasan rifan Fajrin tentang bagaimana cara merawat tanaman dengan baik. Semoga bermanfaat