Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PRAJA MUDA KARANA?

Rifanfajrin.com - apakah yang dimaksud dengan praja muda karana?

ARTI PRAJA MUDA KARANA

Praja Muda Karana merupakan kepanjangan dari Pramuka. Kata itu memiliki makna rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka adalah sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, termasuk di dalam gerakan pramuka antara lain Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

apakah yang dimaksud dengan praja muda karana

Mengenai golongan dan tingkatan pramuka di atas, rifanjfajrin telah mengulasnya pada artikel sebelumnya.

BACA JUGA : 

Selain itu, terdapat anggota yang lain, diantaranya adalah Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Majelis Pembimbing, dan staf kwartir. 

Adapun "kepramukaan" merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga yang diselenggarakan dalam kegiatan yang menyenangkan, sehat, menarik, terarah, teratur, dan praktis.

Kegiatan kepramukaan dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Tujuan kepramukaan adalah membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti yang baik.

TUJUAN KEPRAMUKAAN 

 Gerakan Pramuka  merupakan bagian dari pendidikan nasional, keberadaannya diwajibkan dalam ekstra kurikuler di jenjang SD, SMP, maupun SMA/SMK. Tujuan gerakan kepramukaan adalah membina kaum muda dalam mencapai potensi spiritual, sosial, intelektual, dan fisiknya. 

Dengan demikian, lebih lanjut diulas bahwa tujuan tersebut antara lain:

  1. Membentuk kepribadian anggota dan akhlak mulia kaum muda. 
  2. Menanamkan pada tiap anggota semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara bagi kaum muda. 
  3. Meningkatkan keterampilan anggota/kaum muda, menyiapkan anggota menjadi bagian dari masyarakat yang bermanfaat, patriot pejuang yang tangguh. menjadi calon pemimpin bangsa yang andal pada masa depan.

Fungsi Pramuka 

Adapun fungsi kepramukaan; antara lain sebagai berikut: 

1. Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda 

Kepramukaan identik dengan kegiatan yang menyenangkan, menarik, dan mengandung nilai nilai pendidikan yang baik. Kegiatan dalam kepramukaan merupakan bekal bagi seseorang untuk terjun di dunia nyata kemasyarakatan, bahkan secara praktis ilmu kepramukaan dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, contoh sederhana adalah keterampilan tali temali atau simpul yang diajarkan dalam pramuka dapat berguna bagi kehidupan. Kepramukaan tidak hanya bersifat hiburan semata, tetapi mengandung nilai nilai edukasi.

2. Pengabdian bagi orang dewasa 

Bagi golongan pandega, apalagi pembina, kegiatankepramukaan bukan lagi permainan semata, melainkan suatu pengabdian yang didalamnya terdapat tugas yang memerlukan keikhlasan dan  kerelaan hati. Mereka secara sukarela membaktikan diri, demi suksesnya pencapaian tujuan organisasinya sebagaimana ungkapan, "satyaku kudarmakan, dharmaku kubaktikan".

3. Alat bagi masyarakat dan organisasi 

Kepramukaan merupakan sarana yang tepat bagi masyarakat untuk turut memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Selain itu, kepramukaan adalah sarana organisasi untuk mencapai tujuannya. kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan Pramuka itu sekadar alat saja dan bukan tujuan pendidikannya.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan tentang pengertian praja muda karana, tujuan pramuka, dan funsi pramuka. semoga bermanfaat.