Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MACAM-MACAM GOLONGAN DAN TINGKATAN DALAM PRAMUKA

Rifanfajrin.com - Macam-macam golongan dan tingkatan gerakan pramuka

Halo teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga kalian dalam keadan sehat wal afiat ya. Pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang beberapa tingkatan yang terdapat dalam kegiatan pramuka yang digolongkan sesuai dengan usia dan tingkatannya. 

Penggolongan ini penting, sebab untuk mengikuti kegiatan pramuka, kita harus tahu dahulu, kita termasuk dalam golongan kegiatan pramuka yang mana. Jangan sampai kegiatan pramuka yang kita ikuti tidak sesuai dengan usia dan tingkatan sekolah kita. Misalnya, jika kita saat ini berusia 7 tahun (sedang duduk di kelas 3 sd), maka biasanya muncul pertanyaan, “gerakan pramuka yang diikuti siswa kelas 3 sd adalah?”

Nah, berikut ulasan rifanfajrin tentang golongan dan tingkatan gerakan pramua yang di sesuaikan dengan dengan umur dan keahlian.

BACA JUGA; TRI SATYA, PENGERTIAN, ISI DAN MAKNANYA

1. Siaga

gerakan pramuka siaga
 pramuka siaga

Siaga adalah golongan bagi anggota pramuka yang berusia antara 7-10 tahun. Umumnya anak anak yang berusia 7-10 tahun adalah anak-anak SD kelas1-3. Satuan terkecil dalam golongan   siaga disebut Barung. 

Dalam beberapa barung biasanya dihimpun dalam satu satuan besar yang dinamakan perindukan. Adapun anggota setiap satu barung terdiri dari 6-10 orang anggota pramuka  siaga yang dan dipimpin oleh seorang PINRUNG (pemimpin Barung). 

Dalam golongan siaga, terdapat tiga tingkatan berbeda. Perbedaan itu berdasarkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi anggota sesuai dengan syarat kecakapan umum(SKU) . Tingkatan tersebut  antara lain Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

gerakan pramuka yang diikuti siswa kelas 3 sd adalah kelompok siaga ini.

2. Penggalang

pramuka penggalang
pramuka penggalang

Penggalang adalah golongan bagi anggota pramuka yang berusia antara 11-15 tahun. Umumnya, anak yang berusia 11-15 tahun biasanya duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 4 sampai SMP  kelas 9. 

golongan penggalang merupakan golongan pramuka berikutnya setelah siaga.

Golongan penggalang pada pelaksanaannya terpisah antara penggalang penggalang putri dengan pramuka penggalan putra . setiap anggota penggalang dikelompokan  dalam satu kesatuan kecil yang disebut regu. 

Adapun setiap regu memiliki nama julukan yang berbeda antara satu regu dengan regu yang lain. Regu putra umumnya menggunakan nama hewan, misalnya scorpio, kuda terbang, singa, harimau, zebra, dll. Sementara itu regu putri  umumnya menggunakan nama bunga untuk menamai regu mereka, misalnya mawar, melati, anggrek, dahlia, bugenvil, teratai, dll.

Penggolongan Pramuka penggalang terdiri dalam 4 tingkatan , diantaranya 

  1. penggalang ramu ,
  2. penggalang Rakit ,
  3. penggalang Terap,
  4. penggalang Garuda.

Sebagaimana dalam golongan Siaga, beberapa tingkatan tersebut dicapai setelah seorang penggalang mampu memenuhi syarat kecakapan umum (SKU).

3.Penegak

pramuka penegak
pramuka penegak

Penegak adalah golongan bagi anggota pramuka yang berusia antara 16 sampai 20 tahun . anggota golongan penegak biasanya merupakan anggota pramuka  duduk di bangku kelas 10 sma ke atas. 

Satuan terkecil pramuka penegak disebut sangga. Setiap sangga terdiri dari 6 sampai 8 orang penegak. Dalam golongan penegak terdapat dua tingkatan yang bisa dicapai, yaitu  penegak bantara dan penegak laksana sebagai tingkatan tertinggi.

Apabila seorang pramuka penegak laksana belum mampu mencapai SKU dalam tingkatan penegak bantara , maka hanya akan mendapatkan titel sebagai penegak tamu.

 4.Pandega

pramuka pandega
pandega

Pandega merupakan golongan pramuka setelah penegak.Anggota pramuka ini merupakan anggota pamuka yang berusia antara 21-25 tahun. Pramuka pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dengan pramuka penegak. pembinaan pramuka pandega dilakukan mulai dari tingkat gugus depan dalam satuan yang disebut Racana,dan di tingkat Kwartir dapat mengikuti satuan karya dan Dewan kerja.

Catatan khusus : 

selain golongan di atas, terdapat Kelompok Khusus, yaitu Kelompok yang ditujukan untuk orang yang memiliki kedudukan dalam kepramukaan. Misalnya Pramuka Pembina, adalah sebutan untuk orang dewasa yang memimpin Pramuka. Dan Pramuka Andalan, adalah anggota Pramuka yang mengambil bagian dalam keanggotaan Kwartir dalam Pramuka. Contoh lainnya adalah Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing. 

AKHIR KATA

Demikianlah artikel singkat rifanfajrin tetnang macam-macam golongan dan tingkatan dalam pramuka, semoga bermanfaat.