Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 MARKAS BESAR PBB

rifanfajrin.com - 4 markas besar PBB  

LAHIRNYA PBB

Perserikatan bangsa-bangsa atau sering disingkat PBB - bahasa Inggris berarti united nations disingkat UN - merupakan organisasi internasional yang yang dibentuk pasca perang dunia ke-2. Organisasi ini didirikan pada 24 Oktober 1945 sebagai pengganti liga bangsa-bangsa. PBB berfungsi untuk mencegah terjadinya perang atau konflik serupa dengan perang dunia ke-2 yang sangat destruktif itu. 

Ketika didirikan PBB memiliki 51 negara anggota, saat ini lebih dari 193 negara anggota. 

Sebagai sebuah organisasi, PBB bermarkas di kota new York Amerika serikat. PBB memiliki hak ekstrateritorialitas. Selain di kota new York, PBB juga memiliki markas di kota Jenewa, Nairobi, dan Wina.

TUJUAN PBB

Tujuan didirikannya PBB yang utama antara lain:

  • 1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia
  • 2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa yang menghormati hak asasi manusia
  • 3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial budaya, serta lingkungan
  • 4. Menjadi pusat penyelaras tindakan bersama terhadap ancaman negara yang membahayakan perdamaian dunia
  • 5. Menyediakan bantuan kemanusiaan terhadap ancaman kelaparan, bencana alam dan konflik bersenjata antar negara

Markas besar PBB

1. Markas besar New York

Kantor utama PBB terletak di new York. markas ini digunakan sebagai tempat berkantor badan utama PBB seperti majelis umum, dan dewan keamanan. 

new york
PBB di New York

2. Kantor PBB di Jenewa 

Kantor PBB di Jenewa atau UNOG merupakan markas PBB yang kedua terbesar setelah new York. UNOG bermarkas di gedung palais Des nations yang mana pada mulanya dibangun untuk kepentingan liga bangsa-bangsa (1929-1939) diperluas pada 1950-1960. 

jenewa
PBB di Jenewa

UNOG merupakan markas dari beberapa badan dunia seperti konferensi PBB tentang perdagangan dan pembangunan (UNCTAD), kantor PBB untuk koordinasi urusan kemanusiaan (OCHA) dan Komisi ekonomi PBB untuk Eropa (ECE) semuanya bermarkas di Jenewa.

3. Kantor PBB di Wina

Kantor PBB di Wina disebut UNOV. Kantor ini merupakan rumah bagi badan energi atom internasional yaitu IAEA yang mana kantor ini dibuka pada 1 Januari 1980. 

pbb di wina
PBB di Wina

Selain IAEA, komisi PBB tentang hukum perdagangan internasional, dewan kontrol narkotika internasional, dan komisi persiapan untuk perjanjian larangan uji nuklir-nuklir konfrehensif juga bermarkas di sini.

4. Kantor PBB di Nairobi

Kantor PBB di Nairobi disebut UNON. Kantor inii dibuka pada tahun 1996. Kantor ini digunakan lebih dari 20 perwakilan PBB. 

pbb di nairobi
PBB di Nairobi

Selain itu juga digunakan oleh organisasi internasional lainnya seperti program keamanan PBB untuk HIV AIDS dana penduduk PBB.

AKHIR KATA

Demikian ulasan rifan Fajrin tentang markas besar PBB di kota new York, jenewa, Wina, dan Nairobi. Semoga bermanfaat.