Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TUJUAN ORGANISASI BUDI UTOMO DAN SEJARAHNYA

 Rifanfajrin.com - tujuan dari organisasi budi utomo


Budi Utomo disebut sebut sebagai tonggak pergerakan nasional bangsa Indonesia. Sebagaimana diketahui, dalam sejarah bangsa Indonesia, perjuangan mencapai kemerdekaan memiliki rentang waktu yang sangat panjang.

BERAKHIRNYA TANAM PAKSA DAN MUNCULNYA POLITIK ETIS

Era pergerakan nasional merupakan buah dari dicetuskannya politik etis oleh Theodore Van Deventer, seorang advocat Belanda yang bersimpati kepada perjuangan rakyat Indonesia. Ia sangat tersentuh menyaksikan penderitaan bangsa Indonesia akbiat praktik tanam paksa yang berlangsung kurang lebih sekitar tahun 1830 hingga tahun 1890 an.

setelah praktik tanam paksa dihentikan, dimulailah era baru  bernama politik etis dengan ketiga programnya, edukasi, irigasi, dan transmigrasi. 

Program edukasi memberikan dampak yang luas bagi arah perjuangan bangsa Indonesia. sebab dari program inilah kemudian muncul golongan golongan terpelajar bangsa Indonesia. Mereka berserikat, berkumpul, berorganisasi, bermanifesto, memikirkan arah perjuangan bangsa Indonesia. Dari sinilah kemudian terbentuk satu organisasi yang bernama Budi Utomo.

BERDIRINYA BUDI UTOMO

Organisasi Budi Utomo didirikan pada tanggal  20 Mei 1908 di Jakarta, dimana hari kelahirannya tersebut kini diperingati sebagai hari kebangkitan Nasional.

Budi Utomo dipelopori oleh sekelompok pemuda STOVIA, serta gabungan dari beberapa sekolah lainnya seperti 

  • Sekolah Peternakan dan Pertanian Bogor, 
  • Sekolah Guru Bandung, 
  • Sekolah Pamong Praja Magelang dan Probolinggo serta 
  • Sekolah Sore untuk Orang Dewasa di Surabaya.

KONGRES PERTAMA DAN USULAN BAGI PEMERINTAH HINDIA BELANDA

Budi Utomo merupakan organisasi paling awal atau pertama di Indonesia modern. Keberadaan Budi Utomo bukan hanya berdasarkan kejadian-kejadian di luar negri yang akan menyadarkan tentang keadaan bangsanya; akan tetapi berhubungan dengan organisasi yang ada sebelum tahun 1908.

Terbentuknya budi utomo tidak terlepas dari jasa seorang dokter jawa bernama Dr. Wahidin Sudirohusodo. Beliau mengadakan kampanye di kalangan priayi Jawa antara tahun 1906/1907. Tujuannya safarinya adalah meningkatkan martabat rakyat dan bangsa. Usaha meningkatkan martabat ini secara konkrit dilakukan dengan dengan membentuk Dana Pelajar (Studiefonds), yaitu semacam lembaga untuk membiayai pemuda pemuda yang cerdas namun kurang beruntung karena tidak mampu melanjutkan studi.

kongres pertama organisasi ini terselenggara pada tanggal 3-5 Oktober 1908. bertempat di sekolah pendidikan guru di Yogyakarta, kongres ini menarik perhatian luar biasa di kalangan pers dan tokoh masyarakat. Hal ini dikarenakan Budi Utomo merupakan organisasi orang Jawa pribumi pertama yang menyelenggarakan kongres. Budi Utomo memberikan usulan kepada pemerintah kolonial Hidia Belanda, diantaranya:

  1. Meninggikan tingkat pengajaran bagi guru di sekolah (guru bumi putera maupun sekolah priyayi)
  2. Memberi bantuan beasiswa bagi pribumi bumi putera.
  3. Menyediakan lebih banyak lagi tempat bagi sekolah pertanian.
  4. Memberikan Izin pendirian sekolah desa untuk Budi Utomo.
  5. Mengadakan sekolah VAK atau  kejuruan bagi para pribumi bumi putera termasuk kaum perempuan.
  6. Memelihara tingkat pelajaran sekolah dokter jawa.
  7. Mendirikan Taman kanak-kanak untuk pribumi bumi putera.
  8. Memberikan kesempatan bagi pribumi bumi putra untuk mengenyam bangku pendidikan baik di sekolah rendah eropa atau sekolah Tionghoa Belanda.

Tujuan dari organisasi Budi Utomo

Tujuan organisasi Budi Utomo adalah mendirikan suatu dana pelajar bagi pelajar yang kurang beruntung agar dapat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuan ini kemudian seiring perkembangannya diperluas.

Tujuan organisasi Budi Utomo selanjutnya adalah memperoleh kemajuan yang harmonis bagi masyarakat khususnya Jawa dan Madura. ide persatuan seluruh Indonesia belum banyak digali. oleh sebab itu tujuan dari organisasi budi utomo masih sebatas perbaikan sosial bagi lingkup Jawa dan Madura. 

Meskipun terkesan sempit, namun perlu diingat bahwa jawa dan madura merupakan dua wilayah yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Maka tercapainya tujuan budi utomo sangat berpengaruh pada arah perjuangan bangsa Indonesia.

Upaya yang dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut antara lain:
di bawah ini, bisa disebut juga sebagai tujuan dari organisasi budi utomo
  1. Memajukan pengajaran sesuai dengan apa yang dicita citakan dokter Wahidin Sudirohusodo. hal ini merupakan usaha awal mencapai kemajuan bangsa;
  2. Memajukan sektor pertanian, peternakan, dan perdagangan. intinya adalah berfokus pula pada bidang perekenomian;
  3. Memajukan sektor teknik dan perindustrian, artinya bahwa ke arah itu sudah menjadi cita-cita;
  4. kembali menghidupkan kebudayaan.
Pada perkembangannya, organisasi budi utomo mengalami berbagai tantangan. salah satunya adalah gerak gerik organisasi semakin dipersempit oleh pemerintah kolonial Belanda. 

Seiring dengan perkembangan waktu, dalam situasi politik yang semakin terbuka, maka  melalui Kongres 1928, Budi Utomo memutuskan untuk 
menjalankan prinsip nonkooperatif, apabila rencana undang-undang tentang Inlandsche Meerderheid dalam Volksraad ditolak Perwakilan Rakyat Belanda.

Selain itu diperoleh suatu keputusan penting; yaitu penambahan satu kalimat dalam pasal tujuan perhimpunan: 
membantu terlaksananya cita-cita persatuan Indonesia. Konggres 1932, tujuan Budi Utomo  diubah secara radikal yaitu: Mencapai Indonesia Merdeka. 

akhir kata 

demikian artikel singkat tentang tujuan organisasi budi utomo dan sejarahnya. semoga bermanfaat.