Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PROSES TERJADINYA HUJAN KELAS 3 SD

rifanfajrin.com - proses terjadinya hujan kelas 3 SD

Pertanyaan tentang bagaimana proses terjadinya hujan dapat kita temukan pada buku tematik SD tema 3 sub tema 4. Hujan akan terjadi apabila Air di permukaan bumi menguap akibat terkena panas sinar matahari. Uap air tersebut akan berubah menjadi awan. Awan yang terbentuk akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air tersebut jatuh ke bumi. Proses inilah yang dikenal sebagai hujan.

kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 218 

Silahkan kalian buka buku tematik kalian halaman 218. 

Ayo Mengamati! 

Bagaimanakah urutan proses terjadinya hujan? Pernahkah kamu memperhatikan proses terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air, diantaranya air sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.

Ayo Berdiskusi!

Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri. Urutkan proses terjadinya hujan berdasarkan penjelasan di atas! Diskusikan bersama kelompokmu! Berilah nomor pada kotak yang telah disediakan!


Jawaban :

proses terjadinya hujan kelas 3 sd


Penjelasan :


Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.

Akhir kata

Demikian pembahasan tentang proses terjadinya hujan kelas 3 sd, semoga menambah semangat belajar kalian ya.