Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PENGARUH PERUBAHAN CUACA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

rifanfajrin.com - pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia

pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia

Pernahkah kamu mengamati perubahan cuaca di sekitarmu? Pada bulan januari ini, cuaca seringkali berubah-ubah. pada pagi hari cuaca di sekitar sangat cerah, tetapi menjelang siang sudah mendung, tak lama kemudian terjadi hujan deras hingga larut malam, akibatnya keadaan udara menjadi sangat lembab. 

Namun ternyata keadaan hari ini berbeda dengan kemarin. Kemarin keadaan cuaca terasa hangat pada pagi hari, panas pada siang hari. Ketika kita berteduh di bawah pohon yang rindang, udara terasa sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoi menerpa wajah dan tubuh kita.

Nah, dengan mencermati ilustrasi di atas, tahukah kamu apa pengertian cuaca?

Pengertian Cuaca

Pengertian cuaca; Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat dan pada suatu waktu tertentu. Keadaan cuaca disetiap daerah tidaklah sama, keadaan cuaca juga selalu berubah-ubah. Macam-macam keadaan cuaca diantaranya cuaca kemarau, cuaca dingin, ada cuaca mendung, hujan dan lain sebagainya.

Cuaca tidak sama/berbeda dengan iklim. Jika cuaca dapat diamati dalam waktu yang singkat dan keadaannya pun mudah berubah-ubah, maka iklim diartiakn sebagai keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam jangka waktu yang lama, bersifat stabil, dan tidak mudah berubah.

Faktor penentu keadaan cuaca

Keadaan cuaca dipengaruhi oleh 3 (tiga) unsur; diantaranya yaitu matahari, angin dan air. 

Matahari memengaruhi, karena  dapat menghasilkan energi yang berfungsi mengendalikan air. Angin yang membawa awan bergerak menuju ke tempat yang lebih tinggi. Angin tersebut  bergerak membawa uap air sehingga terjadi hujan.

Pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia

Perubahan cuaca sangat memengaruhi kehidupan manusia. Berikut ini merupakan ulasan rifanfajrin.com tentang pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia.
pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia



Cuaca banyak memengaruhi aktivitas dan kehidupan manusia. Cuaca sangat menentukan keadaan fisik manusia, kesehatan, transportasi, perilaku manusia, dan lain-lain.

  1. Pada musim hujan, banyak orang yang mengalami flu ringan, batuk, pilek, alergi karena kehujanan. 
  2. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir di berbagai daerah, akibatnya banyak orang yang mengalami kerugian secara materiil seperti rusaknya rumah, barang-barang elektronik, terendamnya sawah, serta gangguan penyakit seperti penyakit kulit.
  3. hujan yang lebat juga memengaruhi kegiatan transportasi; mobil-mobil banyak mogok karena terendam banjir, angkutan kota tersendat, dan bus akan melaju dengan pelan.
  4. Ketika hujan, maka pakaian yang kita cuci akan sulit kering, bahkan baunya terasa apek.
  5. Sebaliknya, ketika cuaca cerah dan panas, menjemur pakaian menjadi lebih cepat kering. 
  6. Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. tumbuh-tumbuhan yang tersiram air hujan akan tumbuh subur dan tidak cepat layu.
  7. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur gabah bagi petani. Gabah yang dijemur akan cepat kering.
  8. Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kita gunakan. Saat cuaca hujan suhu udara menjadi dingin, kita membutuhkan pakaian tebal untuk menutupi tubuh supaya tidak kedinginan.
  9. Saat cuaca panas, tubuh terasa panas dan cepat berkeringat. maka pakaian yang digunakan adalah pakaian yang dapat menyerap keringat.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin.com tentang pengaruh peribahan cuaca bagi kehidupan manusia. Dapat disimpulkan bahwa cuaca sangat berpengaruh bagi aktivitas manusia.