Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CONTOH TEKS EKSPLANASI YANG BERKAITAN DENGAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

 rifanfajrin.com - contoh teks eksplanasi yang berkaitan dengan rasa persatuan dan kesatuan bangsa

contoh teks eksplanasi

Pada artikel sebelumnya, rifanfajrin.com telah mengulas tentang pengertian teks eksplanasi beserta contohnya.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN TEKS EKSPLANASI?

pada artikel tersebut, disebutkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya itu bisa terjadi. Apabila suatu kejadian baik itu kejadian yang berkaitan dengan peristiwa alam maupun peristiwa sosial yang terjadi di sekitar kita, pastilah memiliki hubungan sebab akibat dan proses. 

Dengan kata lain teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadi dan atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga bisa berupa peristiwa yang timbul karena adanya suatu peristiwa lain sebelumnya; dan peristiwa tersebut; mengakibatkan peristiwa yang lain yang terjadi sesudahnya.

Melalui teks eksplanasi, maka setiap peristiwa yang terjadi disekitar bukan saja dapat diamati, tetapi juga dapat dirasakan juga sekaligus digunakan sebagai pembelajaran

CONTOH TEKS EKSPLANASI TENTANG RASA  PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

contoh teks eksplanasi berikut ini, kami ambilkan dari detik.com;

Contoh I: 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 Kementrian Pemuda dan Olahraga (Menpora) membawa tema “Bersatu dan Bangkit”. Peringatan yang dilaksanakan tiap 28 Oktober ini, menjadi momentum untuk kembali mengenang kesatuan dan persatuan bangsa.  

Kesatuan dan persatuan menjadi hal penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari bentuk negara yang dipilih Indonesia, yaitu kesatuan dan republik. Para pendiri bangsa memilih bentuk negara ini karena dirasa paling cocok dengan keberagaman ras, suku, agama, dan budaya yang tersebar di berbagai pelosok nusantara. Bila rasa kesatuan tersebut memudar, maka negara dapat goyah. 

Oleh sebab itu, Menpora mengajak pemuda dan seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat memaknai Sumpah Pemuda. Bersatu dan bangkit merupakan ajakan untuk mempererat ikatan kebangsaan. 

Contoh II: 

Indonesia merupakan negara republik dengan bentuk kesatuan. Dalam rumusan dasar negara, tepatnya sila ketiga Pancasila bahkan memuat Persatuan Indonesia. Sebagai bagian dari warga negara Indonesia, kita patut memaknainya dengan benar. 

Peran sebagai warga negara tidak hanya sebatas memakai hak suara saat pemilihan umum saja. Warga negara yang baik tahu persis hak dan kewajibannya. Sebagai warga negara kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan. Belakangan terjadi kerusuhan dan ketidakadilan akibat pertentangan satu kelompok dengan kelompok lainnya. Hal ini bertentangan dengan sila ketiga. 

Bila ada pelanggaran atas hak warga negara maka kita harus bisa menjadi kontrol. Baiknya, kita tidak membiarkan ketidakadilan dan kekuasaan sewenang-wenang menciderai semangat persatuan dan kesatuan. Sebab berdasarkan Pancasila, di atas persatuan, ada keadilan sosial. 

Cita-cita bangsa Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Semuanya tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 aliena keempat. Cita-cita bangsa tidak dapat terwujud tanpa adanya persatuan dan kesatuan. 

Maka, sebagai bagian dari bangsa Indonesia memaknai arti kesatuan dan persatuan menjadi penting. Salah-salah kita bisa terjerumus dalam fanatisme tanpa mengingat kembali cita-cita bangsa.

Akhir kata

demikianlah contoh teks eksplanasi yang berkaitan dengan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa. semoga bermanfaat.