Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

APA YANG DIMAKSUD DENGAN TEKS EKSPLANASI

 Rifanfajrin.com - apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi

apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi
ilustrasi tsunami

Pernahkah anda membaca teks atau berita di surat kabar maupun berita di website tentang bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami? Atau pernahkah kalian mencermati teks tentang unjuk rasa misalnya di depan gedung DPR? teks berita yang anda baca dan memuat informasi tadi disebut dengan teks eksplanasi, kok bisa? 

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya itu bisa terjadi. Apabila suatu kejadian baik itu kejadian yang berkaitan dengan peristiwa alam maupun peristiwa sosial yang terjadi di sekitar kita, pastilah memiliki hubungan sebab akibat dan proses. 

Dengan kata lain teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadi dan atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga bisa berupa peristiwa yang timbul karena adanya suatu peristiwa lain sebelumnya; dan peristiwa tersebut; mengakibatkan peristiwa yang lain yang terjadi sesudahnya.

 Melalui teks eksplanasi, maka setiap peristiwa yang terjadi disekitar bukan saja dapat diamati, tetapi juga dapat dirasakan juga sekaligus digunakan sebagai pembelajaran.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi;

Untuk memahami lebih lanjut tentang teks eksplanasi, mari kita mengetahui tentang ciri ciri teks eksplanasi. hal ini penting yaitu untuk mengetahui apakah suatu teks merupakan bentuk teks eksplanasi atau tidak, yaitu dengan mencermati ciri-ciri berikut:

  1. pada teks eksplanasi; informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual),.
  2. Hal yang dibahas dalam teks eksplanasi yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  3. teks eksplanasi haruslahbersifat informatif; artinya tidak berusaha mempengaruhi pemikiran pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  4. Menggunakan kata penanda urutan. misalnya ; setelah itu, kemudian, sementara itu, bersamaan dengan itu, tiba-tiba, ketika, sebelum, dll.
  5. teks eksplanasi memiliki ciri yaitu Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.

Struktur teks ekplanasi 


1. Berisi Pernyataan Umum

 Pernyataan umum merupakan penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas dalam teks. penjelasan tersebut  bisa berupa pengenalan fenomena yang terjadi, misalnya tentang bencana tsunami. Maka penjelasan umum yang dituliskan dalam teks, adalah apa yang dimaksud dengan tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses peristiwa tsunami tersebut bisa terjadi.

2. Berisi Deretan Penjelas

Teks eksplanasi juga berisi tentang penjelasan. Menyambung penjelasan pada poin nomor satu tentang tsunami, misalnya, maka deretan penjelasnya adalah proses mengapa tsunami bisa terjadi atau tercipta. Deretan kalimat penjelas ini bisa saja terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas berfungsi mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari tsunami.

3. Berisi penafsiran atau Interpretasi (ini sifatnya Opsional; boleh ada, boleh tidak)

Teks eksplanasi juga memiliki strutur terakhir, yaitu  penutup. Penutup ini sifatnya adalah pilihan, dan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas yang telah diulas pada paragraf sebelumnya. Pilihan yang dapat diambil dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Contoh teks eksplanasi

Tsunami

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai.

Tsunami memang telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin.com tentang apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi, lengkap dengan pengertian teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, serta contoh teks eksplanasi semoga bermanfaat. []