Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ARTI MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN

rifanfajrin.com - arti makna persatuan dan kesatuan

arti persatuan dan kesatuan

rasa persatuan dan kesatuan menjadi modal berharga dalam berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan  di Indonesia dilambangkan melalui semboyan bhineka tunggal ika yang terdapat pada pita yang dicengkeram lambang negara garuda pancasila. 

Bhineka Tunggal Ika mencerminkan kondisi bangsa Indonesia yang penuh dengan keberagaman budaya. Indonesia memiliki budaya yang majemuk, ras, agama, suku bangsa.

Sebagai negara yang majemuk  pastinya bangsa kita Indonesia rentan dengan ancaman perpecahan dan disitegrasi. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa Indonesia untuk tetap melestarikan dan  menjaga keberagaman tersebut. Persatuan dan kesatuan adalah senjata paling ampuh bagi bangsa Indonesia untuk menjaga dan mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia.

Lalu apa yang dimaksud dengan persatuan dan kesatuan?

Arti persatuan dan kesatuan

 Menerut Kamus Besar Bahasa Indonesia / KBBI, persatuan merupakan gabungan; ikatan, kumpulan, dll; beberapa bagian yang sudah bersatu.

Sedangkan kesatuan adalah perihal satu, keesaan yang bersifat tunggal. Dengan demikian berdasarkan istilah, persatuan dan kesatuan berasal dari satu kata yang berarti utuh atau tidak terpecah belah.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), persatuan bisa diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. 

Sedangkan kesatuan adalah hasil perkumpulan tadi yang telah menjadi satu dan utuh. Maka kesatuan erat kaitannya dengan keutuhan. Sehingga; persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya bermacam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh. Persatuan dan kesatuan bangsa tumbuh subur dari unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri. 

Makna Persatuan dan Kesatuan 

setelah memahami tentang artik persatuan dan kesatuan, berikut merupakan ulasan makna persatuan dan kesatuan.

Bangsa Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam melalui percampuran kebudayaan dengan budaya luar. Proses ini sering diistilahkan sebagai akulturasi kebudayaan. kebudayaan luar masuk ke Indonesia melalui proses akulturasi (percampuran kebudayaan) yang sangat lama, sejak zaman pra kolonial, tepatnya pada masa klasik hindu buddha, islam, dan pada masa penjajahan.   

Dengan masuknya budaya luar, termasuk agama Hindu, Islam, Kristen, dan unsur-unsur kebudayaan lain menjadikan bangsa Indonesia semakin beragam. 

Bangsa Indonesia memiliki satu kemampuan untuk melakukan filter kebudayaan, yang disebut sebagai local genius. mengenai hal ini anda bisa membacanya di link di bawah ini

PENGERTIAN LOCAL JENIUS DAN CONTOHNYA

Dengan kemampuan local genius, maka setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan bersama dilakukan dengan jalan musyawarah dan mufakat. Hal tesebut yang mendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

Unsur-unsur sosial budaya misalnya gotong royong, sifat kekeluargaan; merupakan sifat-sifat pokok bangsa Indonesia yang merupakan cipta rasa karsa manusia indonesia didorong oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan. Mereka menjalin kebersamaan; saling melengkapi satu sama lain. Hal hal tersebut merupakan cara terbaik untuk  mempertahankan persatuan bangsa dari adanya ancaman perpecahan dan disintegrasi. toleransi semakin disadari pentingnya menerapkan toleransi dalam kehidupan masyarakat. sebab, tanpa toleransi, Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, etnis, maupun agama terancam kebinekaannya. 

Prinsip Persatuan dan Kesatuan 

Adapun prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut: 

1. Bhineka Tunggal Ika 

Bhineka tunggal ika sebagaimana disinggung pada awal artikel ; berarti berbeda-beda tapi tetap satu juga. Indonesia adalah negara yang majemuk dan memiliki keberagaman. oleh sebab itu masyarakat harus memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang sama, dengan menanamkan dalam hati bahwa bangsa ini diikat oleh satu semangat persatuan, yaitu bhineka tunggal ika. dengan demikian Indonesia tetaplah menjadi negara yang beragama dan tetap satu sebagai bangsa Indonesia. 

2. Nasionalisme Indonesia

 Nasionalisme merupakan paham untuk menanamkan semangat cinta tanah air. nasionalisme merupakan isme untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Setiap warga negara harus memiliki rasa nasionalisme dan itu sangat penting. Kebebasan yang bertanggung jawab Setiap manusia harus memiliki kebebasan dan tanggung jawab bagi dirinya, sesama, negara dan Tuhan Yang Maha Esa. 

3. Wawasan Nusantara 

wawasan nusantara sangat penting agar seluruh anggota masyarakat akan merasa satu, senasib dan sepenanggungan. Pada wawasan nusantara, kita sama sama  ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan keamanan. Persatuan Pembangunan untuk mewujudkan cita-cita reformasi Dengan persatuan pembangunan, maka setiap orang bisa mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan.

 

BACA JUGA: CONTOH PERBUATAN YANG MENCERMINKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT

AKHIR KATA

demikian artikel singkat tentang makna parsatuan dan kesatuan. semoga kita bisa mengamalkannya dan mencontohkan kepada generasi penerus bangsa.