MANFAAT MANGGA MUDA UNTUK KESEHATAN

Mangga merupakan buah yang mengandung banyak vitamin. Rasanya pun enak. Jenis buah tropis ini sangat mudah didapatkan. Terdapat berbagai jenis buah mangga, mulai mangga harum manis, mangga, apel, mangga indramayu, dan lainnya. Selain buah mangga kaya vitamin, rupanya ada banyak manfaat mangga muda untuk kesehatan Anda.

Jika suatu waktu anda membeli mangga yang ternyata masih relatif muda, jangan buru-buru kecewa. Mangga muda memang memiliki rasa yang berbeda dengan mangga yang matang. Rasanya biasanya masih asam. Untuk "mengakali rasanya" biasanya kita menyajikan dengan sambal cocol untuk dijadikan lotis. Nah supaya lebih mantap menyantap mangga mudanya, berikut kami sajikan tentang manfaat mangga muda yang ternyata memiliki ragam manfaat untuk kesehatan lho!


1. Meminimalkan morning sickness

Morning sickness biasanya dialami oleh ibu hamil. Biasanya merupakan rasa mual dan terasa ingin muntal terutama pada pagi hari. Ternyata, mangga muda dapat digunakan untuk mengatasi atau minimal mengurangi morning sickness tersebut. Mangga muda dapat meminimalkan frekuensi ketidaknyamanan kehamilan, dan penurunan intensitas morning sickness pada wanita hamil. Karena itu, bagi para kandidat ibu jika mengalami penyakit di pagi hari. Cobalah makan buah ini.

2. Mengobati gangguan pencernaan dan konstipasi

Mangga muda sangat baik pula untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sembelit dialami ketika kita kurang minim air putih dan kurang serat. Jika Anda sakit perut karena sejumlah besar gas atau sembelit, makan mangga muda tidak merugikan. Tingginya kadar alkali pada mangga muda dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan mengobati konstipasi (sembelit). Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengkonsumsi mangga muda dengan campuran madu dan garam.

3. Mencegah penyakit jantung

Manfaat mangga muda untuk kesehatan selanjutnya dan tidak kalah hebatnya, yang dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan potasium cukup banyak pada mangga muda, berguna untuk menjaga irama jantung, tetap stabil dan terkendali. Selain itu, kandungan serat dari mangga muda melalui saluran pencernaan juga dapat menyingkirkan lemak jahat sehingga darah bersih dan terlindung dari plak yang menyebabkan penyakit jantung.

4. Menangkal radikal

Mangga muda mengandung senyawa antioksidan, dan senyawa ini berfungsi untuk melindungi dari radikal bebas dalam tubuh. Kandungan buah ini memiliki dua serat yaitu pektin dan selulosa, yang membantu melarutkan makanan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mangga muda memiliki senyawa yang merupakan antioksidan yang dapat bertahan terhadap radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam mangga muda, juga sangat berguna, memperkuat kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, seperti anemia, tuberkulosis, kolera, diare, bahkan kanker.

6. Jaga levermu sehat

Mangga mentah ini mengandung banyak zat besi dan salah satu fungsinya untuk menjaga kesehatan hati. Mangga muda tidak hanya membersihkan usus dari berbagai infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

7. Kaya Vit Vitamin C

Mangga muda memiliki rasa asam, tetapi buah ini memiliki jumlah vitamin C yang sangat besar, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk memperkuat tulang.

dan Vitamin C juga berguna untuk penyerapan zat besi untuk mencegah pendarahan.

8. Bantu Menguruskan Badan

Apakah Anda menginginkan tubuh yang ideal? Tampaknya manfaat mangga muda juga dapat digunakan sebagai makanan. Karena serat larut dalam buah-buahan ini dapat memberi Anda kenyang yang tahan lama dan mencegah anda makan camilan yang dapat menyebabkan penggemukan.

9. Untuk anti-penuaan

Selain itu, untuk mengatasi masalah dengan kesehatan tubuh, manfaat buah mangga muda juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dalam mangga muda adalah salah satu dari lima vitamin yang baik untuk kulit Anda. Vitamin C pada mangga muda dapat mengatasi masalah dengan kerutan kulit, mencerahkan kulit dan memperkuat kuku. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa vitamin C dikenal sebagai penangkal yang sangat baik untuk radikal bebas dari tubuh.

Tampaknya mangga muda selain makan hidangan favorit seperti rujak, juga memiliki banyak kelebihan. Manfaat dari mangga muda untuk kesehatan tubuh ini dapat dimaksimalkan jika ditemani oleh gaya hidup yang sehat dan makanan bergizi lainnya. Salam Sehat!
close