CARA MERAWAT MATA YANG BENAR

Artikel Kesehatan Singkat Cara Merawat Mata Dengan Benar

Artikel kesehatan singkat tentang tata cara merawat mata berikut ini penting sekali untuk Anda simak baik-baik. Sebab, melalui artikel pendek kali ini saya akan memberi beberapa tips ampuh untuk menjaga kesehatan mata.

Kesehatan mata memang sudah seharusnya dijaga sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan mata berfungsi untuk melihat, sehingga kita bisa menjalankan berbagai macam aktivitas.

Anda tidak mau kan kesehatan mata terganggu? Oleh sebab itu silahkan disimak artikel kesehatan singkat berikut.


1. Mengenakan pelindung mata

Poin pertama ini penting untuk Anda lakukan, terlebih lagi ketika berada di luar ruangan. Salah satunya adalah disaat berkendara yang banyak sekali debu berterbangan. Lindungi mata Anda agar tidak kemasukan debu-debu jalanan.

Jika Anda adalah pekerja lapangan, usahan memakai kacamata dengan lensa yang terpolarisasi. Tujuannya adalah melindungi mata dari paparan sinar matahari.

2. Perbanyak konsumsi telur dan wortel

Telur adalah bahan makanan yang baik untuk kesehatan mata, karena tinggi akan kandungan Vitamin A dan protein. Selain itu, putih telur juga Zeaxanthin dan Lutein yang bermanfaat untuk mencegah penyakit mata berbahaya seperti katarak.

Semua orang pasti sudah mengetahui bagaimana ampuhnya manfaat wortel untuk mata. Tingginya kandungan Vitamin A di dalam wortel, berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dengan baik.

3. Istirahat cukup

Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling banyak bekerja. Coba hitung saja, berpa lama Anda menghabiskan waktu main game, kerja di kantor, dan menonton film atau televisi. Pastinya Anda menggunakan mata untuk semua aktifitas tersebut.

Oleh karenanya, mata membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Usai seharian penuh diajak beraktivitas, mata harus diistirahatkan secara maksimal. Tidurlah selama 7 jam dalam sehari.

Anda juga bisa membuat mata menjadi lebih santai ketika beraktifitas. Misalnya memperbanyak berkedip dan memejamkan mata selama 10 detik setiap 30 menit sekali. Dengan begitu, mata Anda tidak mudah lelah.

4. Gunakan mentimun

Ini dia terapi kesehatan mata yang murah dan mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mengkompres kelopak mata menggunakan mentimun. Timun adalah bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi mata bengkak.

Tidak hanya itu saja, mentimun juga bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran mata. Terapi ini cocok dilakukan setiap sebelum tidur di malam hari agar mata yang lelah bisa kembali fresh.

Cara melakukannya juga mudah, silahkan letakkan irisan mentimun yang lembut dan dingin di atas kelopak mata Anda selama 10 menit.

Demikianlah artikel kesehatan singkat tentang kesehatan mata. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Rawatlah mata sebaik mungkin karena ia adalah aset paling berharga.
close