Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 3 SD Hak dan Kewajibanku

Materi Pelajaran Tema 4 tentang hak dan kewajibanku adalah materi terakhir yang harus dipelajari oleh siswa kelas 3 SD pada semeter 1 (gasal).

Pada Penilaian Akhir Semester (PAS) 1/gasal kelas 3 akhir November nanti, juga akan diujikan materi pelajaran mulai dari tema 1 hingga tema 4.

Kita harus mempersiapkan diri belajar dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara belajar kita adalah dengan cara memahami garis besar materi pelajaran yang bisa didapatkan dari membaca rangkuman materi pelajaran.

Nah, berikut ini adalah Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 3 SD Hak dan Kewajibanku, yang semoga bisa sedikit membantu kita mempelajari garis besar materi pelajaran. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 3 SD Hak dan Kewajibanku

www.rifanfajrin.com
Image by Aditio Tantra Danang Wisnu Wardhana from Pixabay

Tema 4 Subtema 1

 1. Hak adalah segala sesuatu yang sudah seharusnya kita terima.

2. Adapun kewajiban, adalah sesuatu yang harus kita penuhi, lakukan, atau kita tunaikan, atau kita laksanakan.

3. Hak anak di rumah antara lain adalah mendapatkan tempat tinggal yang aman dan nyaman,  mendapatkan kasih sayang dari orang tua, makanan yang sehat dan bergizi, mendapatkan pendidikan, serta hak untuk diajak berkomunikasi pada saat sedang berkumpul bersama.

4. Adapun kewajiban anak di dalam keluarga adalah harus bersikap hormat, sopan kepada orang tua, menunaikan nasihat dan perintah orang tua, tidak berkata kasar dan dapat menyakiti hati orang tua, menyayangi sesama anggota keluarga, mengerjakan tugas sebagai seorang pelajar, membantu orang tua sesuai dengan kemampuan, serta selalu mendoakan kedua orang tua baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia.


5. Kalimat saran adalah kalimat yang berisi pendapat, anjuran, atau usulan yang dikemukakan kepada orang lain untuk dipertimbangkan apakah hendak dilaksanakan atau tidak.


6. Pelajaran matematika pada tema 4 subtema 1 adalah: satu suku yang belum diketahui dapat kita cari dengan cara mengurangi hasil jumlah dengan suku-suku yang telah diketahui. 

Jika a + b = c, maka a = c - b ; dan b = c - a

Tema 4 Subtema 2


7. Dinamika gerak di dalam tari adalah segala perubahan di dalam tari karena adanya variasi-variasi di dalam tari.

8. Contoh kewajiban anak/siswa di sekolah adalah mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru di sekolah.

9. Salah satu contoh hak anak/siswa di sekolah adalah mendapatkan pelajaran yang baik, serta menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah seperti perpustakaan (membaca buku dan mendapatkan informasi/pengetahuan)

10. Anak-anak mendapatkan hak belajar dengan nyaman jika lingkungan di sekolah bersih.


Tema 4 Subtema 3


11. Salah satu kewajiban kita sebagai tetangga baru adalah memperkenalkan diri kepada para tetangga di sekitar tempat tinggal.

12. Setiap orang memiliki hak untuk dikenal dan berhubungan baik dengan tetangga.

13. Untuk mencari bilangan dalam perkalian yang hasilnya telah diketahui, tentukanlah satu bilangan terlebih dahulu. Kemudian, umpamakan bilangan tersebut dengan a, misalnya adalah 4 x a = 600, maka a = 600 : 4 = 150.

14. Karya dekoratif merupakan gambar yang dibuat dengan tujuan untuk mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah.

15. Unsur yang terdapat pada gambar dekoratif adalah bidang dan warna

16. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tema 4 Subtema 4

17. Warga negara yang baik selalu menjaga keseimbangan antara kewajiban dan hak.

18. Sikap-sikap menjaga keseimbangan dan hak adalah sebagai berikut ini:
  • Mendapatkan hak harus diimbangi dengan pelaksanaan kewajiban
  • menghormati hak-hak orang lain
  • mengutamakan kepentingan banyak orang ketimbang kepentingan diri sendiri


19. Makanan yang bergizi adalah makanan yang memiliki jumlah kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang cukup dan seimbang untuk kebutuhan tubuh kita.

20. Makanan yang higienis adalah makanan yang tidak mengandung sesuatu yang dapat mengganggu kesehatan.

21. Antarpemeluk agama yang berbeda haruslah saling menghormati.



Selamat belajar dan semoga mendapatkan hasil belajar yang menggembirakan.
close