Kumpulan Latihan Soal Cerita Matematika Mencari Luas Persegi dan Persegi Panjang (Untuk Kelas 3 SD Semester 2)

Kumpulan Latihan Soal Cerita Matematika Mencari Luas Persegi dan Persegi Panjang (Untuk Kelas 3 SD Semester 2)


1. Kakek baru saja membeli tikar pandan dengan panjang 3 m dan lebarnya 2 m. Berapakah luas tikar yang baru saja dibeli oleh Kakek?

2. Menjelang lebaran, Agung mengecat 3 dinding di rumahnya. Setiap dinding yang hendak dicat oleh Agung memiliki panjang 8 meter dan tingginya 4 meter. Jika Agung telah mengecat dinding 40 m2 , berapa m2  lagi dinding yang masih harus diselesaikan oleh Agung?

3. Pakde Mamik memiliki sebidang lahan berbentuk persegi panjang. Panjang lahan Pakde Mamik adalah 40 m, sedangkan lebarnya adalah 30 m. Pakde Mamik telah menanami 550 m2 lahannya dengan kacang panjang. Dengan demikian, berapa  m2 lahan Pakde Mamik yang belum ditanami?

4. Evans membuat lukisan di atas kanvas yang berukuran 6 dm x 10 dm. Berapakah luas kanvas yang digunakan oleh Evans melukis?

www.rifanfajrin.com


5. Bibi Tari seorang penjahit. Suatu hari dia membeli kain berbentuk persegi panjang dengan luas 150 dm2. Setelah diukur, ternyata kain tersebut memiliki lebar 5 dm. Berapa dm panjang kain yang dibeli oleh Bibi Tari?

BACA JUGA: Kumpulan Latihan Soal Cerita Matematika Perkalian dan Pembagian

6. Ratih senang sekali membuat hiasan dinding. Hari itu dia membuat hiasan berbentuk persegi dari bahan kain. Panjang sisi-sisinya hiasan tersebut adalah 8 dm. Berapakah luas hiasan dinding yang dibuat oleh Ratih?

7. Nenek akan membuat selendang dengan ukuran kain 2 m x 1 m. Berapakah luas selendang yang dibutuhkan oleh Nenek?

8. Trista akan menempel fotonya pada bingkai. Foto Trista berbentuk persegi dengan panjang sisi 9 cm. Adapun bingkai fotonya berukuran panjang 32 cm dan lebar 12 cm. Dengan demikian, berapakah luas bingkai yang tidak tertutup oleh foto?

9. Mas Din seorang tukang pasang ubin. Dia berencana memasang ubin di ruang keluarga. Ruang keluarganya berukuran 40 dm x 30 dm. Jika ubin yang akan dipasang oleh Mas Din berbentuk persegi dengan panjang sisi 30 cm, berapa banyak ubin yang dibutuhkan oleh Mas Din?

[]

Baca Juga: Kumpulan Soal Cerita Matematika Penjumlahan dan Pengurangan untuk Siswa SD
close