Kegiatan Literasi di Sekolah Dasar: Gibran dan Aila Membacakan Cerita Dua Bahasa

Kegiatan Literasi di Sekolah Dasar: Gibran dan Aila Membacakan Cerita Dua Bahasa


Kegiatan literasi di kelas kami hari ini adalah mendengarkan Gibran dan Aila membacakan buku cerita.

Buku cerita yang mereka bacakan semuanya berbahasa Inggris. Oh, tidak, buku Aila berbahasa Inggris dan Indonesia (bilingual).

Kegiatan ini adalah kegiatan rutin kami, sebagai pembiasaan literasi membaca dan menulis di sekolah kami. Kegiatani ini dilaksanakan setiap hari Rabu pagi.

Kami senang dengan kegiatan ini. Kami bisa membaca buku yang kami suka, dan terkadang kami mendengarkan teman-teman bercerita.

Pada hari ini, Gibran dan Aila yang mendapat giliran membaca dan bercerita.

BACA JUGA: Kumpulan Puisi Menggapai Mimpi Karya Siswa SD Labschool Unnes


1. Now I Can Roar!


Gibran tampil yang pertama. Dia membacakan buku miliknya. Buku itu berjudul "Now I Can Roar! Lenny the Lion Learns to ROAR!!!" Buku ini ditulis oleh Anna Clothier dan ilustrasi gambarnya dibuat oleh Lucy Barnard.

Isi cerita yang dibaca oleh Gibran, kurang lebih adalah sebagai berikut.

Ada seekor anak singa bernama Lenny. Dia tidak bisa mengaum, Ayahnya sangat khawatir. Ayahnya meminta bantuan kepada kakaktua untuk membantu Lenny. 

Kakaktua mengajari Lenny bagaimana dia bersuara. "Squaaawwwwkkkk!!!" Lenny pun menirukan bagaimana kakaktua "mengaum" dan mempraktikkannya di depan ayahnya.

Ayah Singa marah. "Kamu adalah singa!" katanya kepada Lenny.



Lenny pun kemudian belajar mengaum kepada gajah. Namun, lagi-lagi ayah singa marah mendengar Lenny bersuara seperti gajah.

"Kamu adalah singa," katanya sekali lagi kepada Lenny.

Lenny pun terus belajar kepada monyet. Namun hal yang sama didapatinya. Ayah selalu marah mendengar Lenny mengaum dengan suara menyerupai hewan lain.


Hari terus berganti. Lenny masih terus belajar bagaimana cara mengaum.

Suatu hari Lenny sedang berjalan-jalan dan belajar mengaum ditemani oleh monyet. Tanpa disadarinya seekor ular berwarna oranye merayap di dekatnya. Ular itu sudah siap untuk mematuk dan menyerang Lenny dan monyet.

Lenny menyadari bahwa dia sedang dalam bahaya. Kemudian, tiba-tiba saja secara refleks, tanpa berpikir dia berteriak!

"RRROOOOOAAAARRRR!!!!"

Lenny mengaum sangat keras dan lantang. Sehingga ular itu segera melarikan diri.

Sekarang Lenny sudah bisa mengaum dengan keras dan lantang!



2. Strawberry Shortcake's FILLY FRIENDS

Aila mendapat giliran selanjutnya. Aila membacakan cerita dua bahasa. Buku yang dibaca oleh Aila hari ini adalah "Strawberry Shortcake's FILLY FRIENDS".  Cerita ini ditulis oleh Monique Z. Stephen dengan judul asli "Filly Friends", dan diterjemahkan oleh Anassyah Fraiz A.P.

Cerita yang dibaca oleh Aila bercerita tentang Strawberry Shortcake yang pergi ke Pulau Es Krim. Dia pergi ke Pulau Es Krim untuk menemui kuda-kuda betina teman-temannya.




Ternyata Strawberry Shortcake tidak sendirian ke Pulau Es Krim. Angel Cake, Ginger Snap, Orange Blossom, BlueberryMuffin, dan Honey Pie Poney juga pergi ke Pulau Es Krim.



Banyak pengalaman yang seru dan mengasyikkan mereka dapatkan selama di Pulau Es Krim. Sehingga tak terasa hari telah berganti menjadi senja. Mereka pun pulang kembali ke rumah dengan perasaan hati yang bahagia.



Demikianlah kegiatan literasi kami hari ini. Sampai jumpa lagi pada kegiatan-kegiatan kami selanjutnya. Semoga menyenangkan.

BACA JUGA: Dongeng Anak Keberanian dan Kejujuran Membuat Hidup Mulia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel