VIDEO : PENERAPAN PEMBELAJARAN PADA ABAD 21

Video Youtube yang berjudul “Information technology in Education” tersebut menampilkan kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa. Video ini  merupakan contoh nyata penerapan teknologi dalam pembelajaran pada abad 21. Pembelajaran yang ditunjang dengan penggunaan media berbasis teknologi.



Teknologi informasi memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia. Sebagaimana diketahui bahwa ciri khas era revolusi industri 4.0 adalah semakin memungkinkannya perubahan karakteristik masyarakat. Era ini disebut era transisi dari masyarakat offline menuju masyarakat online. Oleh sebab itu, masyarakat dituntut untuk berubah, menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

Informasi memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, sebab teknologi bertindak berdasarkan informasi. Teknologi mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan perubahan dunia yang terasa begitu cepat. Sebab pada akhirnya teknologi terasosiasi dengan informasi tergabung menjadi suatu sistem yang terintegrasi, tidak terkecuali pada bidang pendidikan.

Pada video yang ditampilkan, terlihat jelas penggunaan teknologi yang memungkinkan terbukanya kran informasi yang luas dari berbagai penjuru dunia. Bahkan penggunanya dapat berinteraksi secara langsung dengan seseorang di tempat yang berbeda memanfaatkan teknologi yang tepat guna.

Dengan melihat video tersebut, maka diharapkan pembelajaran yang kita lakukan, utamanya di era revolusi industri 4.0 ini setidaknya mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajarannya. Siswa di era digital dituntut memiliki keterampilan untuk menggunakan perangkat nirkabel (internet) sebagai media peralatan untuk mengakses infomasi yang diperlukan kapanpun, dimanapun, bahkan saat berada di dalam kelas.

Oleh sebab itu, kita sebagai guru – yang merupakan garda terdepan pelaksanaan pendidikan di Indonesia – memegang peran yang penting dalam penggunaan teknologi informasi di dalam kelas. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan sebagai seorang guru antara lain, sebagai berikut.

Pertama, mnjadi guru yang senantiasa belajar (long life education). Guru harus senantiasa meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti berbagai macam pelatihan yang menunjang, misalnya pelatihan keterampilan berbahasa asing, pelatihan menggunakan sarana komputer untuk mengajar dan lain sebagainya. Dengan memiliki keterampilan-keterampilan tersebut, diharapkan guru mampu menjadi pribadi yang percaya diri, tidak menjadi seorang yang rendah diri bahkan di hadapan perserta didik.

Kedua, guru harus membekali dirinya dengan keterampilan menggunakan teknologi terkini. Contoh menggunakan media pembelajaran berupa laptop yang terkoneksi dengan internet, papan tulis digital, serta peralatan lain seperti LCD.

Ketiga, Guru yang mampu menjadi inspirator, fasilitator, mediator, dan motivator bagi peserta didiknya. Guru adalah ruh dalam pembelajaran. Guru yang terampil akan senatiasa memberikan inspirasi bagi peserta didiknya. Guru yang mampu memfasilitasi kebutuhan siswanya, mengingat guru bukan satu satunya sumber belajar. Maka ia harus mampu mengantarkan peserta didik memiliki pengalaman belajar yang tepat. Guru hanya menfasilitasi kebutuhan belajar, sebagai era revolusi Industri 4.0 saat ini, kegiatan belajar berpusat pada peserta didik (student center oriented).

adapun video yang dimaksud terdapat pada link berikut ini

https://youtu.be/TtPLeztfx9o (anda harus login untuk memverifikasi bahwa anda boleh menontonnya).
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel