Kurangi Sampah Plastik, SD Labschool Unnes Bagikan Daging Kurban dengan Besek Bambu

Menyambut hari raya kurban tahun 2019, Dzulhijah 1440 H, SD Labschool Unnes kembali menyelenggarakan pemotongan hewan qurban. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Agustus 2019.

Kegiatan Peringatan Hari Raya Qurban ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun di SD Labschool Unnes. Salah satu tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah kurban itu sendiri. Selain itu, kita berusaha untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Alaihissalam.

Sekilas tidak ada yang berbeda dengan kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti biasa, kegiatan diawali pemotongan hewan kurban. Anak-anak melihat pemotongan sambil mengumandangkan takbir. 

Selanjutnya, siswa kelas 1-4 melaksanakan sholat dhuha dan mendengar tausiyah hikmah kegiatan kurban. Sementara itu siswa kelas lima membantu bapak dan ibu guru memotong daging, untuk selanjutnya daging itu dibagikan kepada warga sekitar sekolah.

Namun, ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya daing qurban dibungkus plastik, kali ini daging yang telah dipotong dan ditimbang tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah besek bambu. 

Kami menamakannya dengan besek konservasi. Sesuai dengan visi dan misi sekolah kami menjadi sekolah konservasi. Hehehe.


BACA JUGA: Adab dan Sunnah Rasulullah SAW dalam berqurban
www.rifanfajrin.com
Foto Dokumentasi: SD Labschool Unnes Semarang

"Sampah plastik membuat bumi yang kita tinggali ini menjadi tercemar. Dan Indonesia ternyata menjadi negara penghasil sampah plastik dengan peringkat lima besar di dunia. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini, kita berusaha semampu kita mengurangi jumlah sampah plastik," ujar Bapak Muhammad Mukhlas, Kepala SD Labschool Unnes.

"Pengalihan dari wadah plastik menjadi besek bambu konservasi memang membuat kita mengeluarkan biaya lebih mahal. Besek tentu lebih mahal dari plastik. Tapi mudah-mudahan dengan niat kita yang baik, semua menjadi berkah bagi kita semua," Pak Teguh selaku guru agama Islam sekaligus ketua panitia menambahkan.

Pada tahun ini, alhamdulillah SD Labschool Unnes menyembelih 11 ekor kambing. 

"Enam kambing adalah ibadah kurban dari siswa-siswi SD Labschool Unnes, yang mengamanahkan kurbannya kepada sekolah untuk disalurkan kepada warga sekitar. Ditambah dengan lima ekor kambing hasil dari iuran segenap warga SD Labschool Unnes Semarang, sebagai latihan berkurban," lanjut Pak Teguh.

Alhamdulillah, sebelum zuhur, daging kurban sudah selesai didistribusikan ke warga sekitar. Dan acara dilanjutkan dengan makan bersama.


Foto-foto dokumentasi lainnya ada di Halaman Facebook SD Labschool Unnes.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel