6 Tahapan Pelaksanaan Investigasi Kelompok Menurut Robert E Slavin

Model group investigation atau Ivestigasi Kelompok adalah proses pembelajaran melalui kerja kelompok dalam melakukan investigasi atau penyelidikan untuk menyelesaikan permasalahan.

Berikut ini adalah 6 Tahapan Pelaksanaan Investigasi Kelompok Menurut Robert E Slavin.



Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Slavin (2005) menyatakan bahwa terdapat enam tahapan dalam pelaksanaan investigasi kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Pemilihan topik 

Biasanya topik khusus ditetapkan oleh guru, selanjutnya siswa diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi tugas. Komposisi kelompok hendaknya heterogen secara akademis maupun etnis.

2. Perencanaan kooperatif 

Siswa dan guru merencanakan prosedur pembelajaran, tugas, dan tujuan khusus yang konsisten dengan topik yang telah dipilih pada tahap pertama.

3. Implementasi 

Siswa menerapkan rencana yang telah mereka kembangkan di dalam tahap kedua. Kegiatan pembelajaran hendaknya melibatkan ragam aktivitas dan keterampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan siswa kepada jenis-jenis sumber belajar yang berbeda baik di dalam atau di luar sekolah. Guru secara ketat mengikuti kemajuan tiap kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan.

4. Analisis dan sintesis

Siswa melakukan analisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh pada tahap ketiga. Kemudian mereka akan merencanakan bagaimana informasi tersebut diringkas dan disajikan dengan cara semenarik mungkin sebagai bahan untuk dipresentasikan di depan kelas.

5. Presentasi hasil final 

Beberapa atau semua kelompok menyajikan hasil penyelidikannya dengan cara yang menarik kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang lain saling terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perspektif luas pada topik itu. Presentasi dikoordinasikan oleh guru.

6. Evaluasi 

Kelompok-kelompok menangani aspek yang berbeda dari topic yang sama, maka siswa dan guru mengevaluasi tiap kontribusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi yang dilakukan dapat berupa penilaian individual maupun kelompok. 


Daftar Pustaka:
Slavin R. E. 2005. Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. United States of America : A Simon and Schuster Company.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel