Pengertian dan Contoh Makanan Dan Minuman Sehat

Apa sih yang dimaksud dengan makanan dan minuman sehat itu? Bila makanan dan minuman sehat itu yang harganya mahal dan rasanya enak saja, ini merupakan pemahaman yang keliru.

Makanan atau minuman bisa dikategorikan sehat jika terdapat kandungan asupan gizi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan dan minuman yang sehat tentunya juga harus bergizi, memenuhi syarat higienis/bersih, dan juga berkecukupan.

Baca Juga: Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting bagi Tumbuh Kembangnya

Sekarang, apa yang dimaksud dengan makanan higienis? Makanan bisa dikatakan higienis apabila makanan tersebut tidak terkontaminasi oleh kuman dan zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan.

Sedangkan makanan yang berkecukupan, mengandung arti makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, ditinjau dari kondisi dan usia tubuh itu sendiri.

Adapun makanan yang bergizi yakni makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak yang cukup bagi tubuh.

Selain 3 syarat tersebut terpenuhi, makanan sehat juga sangat dipengaruhi oleh bahan makanan, cara memasaknya, dan suhu ketika penyajiannya.

Image by Mudassar Iqbal from Pixabay 

Peran makanan dan minuman sehat

Makanan dan minuman yang sehat memiliki peran penting bagi tubuh kita.

Setidaknya ada tiga peran penting dari makanan dan minuman sehat, yaitu sebagai zat pengatur, zat pembangun, dan zat tenaga untuk tubuh. Di Indonesia sendiri, makanan dan minuman sehat ini akrab dikenal sebagai 4 sehat 5 sempurna.

Agar tubuh kita tetap sehat, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap harinya.

Namun, hati-hati. Kita harus waspada juga terhadap makanan dan minuman yang sebenarnya pada awalnya sehat. Mengapa? Hal ini dikarenakan, makanan sehat bisa saja berubah menjadi makanan yang tidak baik dikonsumsi kalau cara pengolahannya salah.

Misalnya saja kentang, apabila ia direbus maka ia bermanfaat bagi tubuh. Sebaliknya, apabila kentang digoreng maka kurang baik bagi kesehatan tubuh, meskipun rasanya mungkin lebih lezat dan menjadi kegemaran banyak orang.

Makanan mahal dan rasanya enak juga bukan jaminan, ia belum tentu dikategorikan sebagai makanan sehat. Sebut saja makanan cepat saji atau fastfood/junkfood yang harganya lebih mahal jika dibandingkan tahu, tempe, dan susu kedelai.

Pertanyaannya, apakah junkfood baik untuk kesehatan tubuh karena rasanya enak dan harganya mahal? Tentu saja tidak. Beberapa penelitian justru menyebutkan bahwa fastfood/junkfood ini malahan berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Contoh Makanan Dan Minuman Sehat

Susu

Susu adalah minuman yang kaya akan kandungan protein. Banyak sekali manfaat susu bagi kesehatan, diantaranya adalah memperkuat tulang, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan depresi.


Kacang

Kacang mengandung tinggi Vitamin A, Vitamin C, lemak baik, Vitamin E, dan mineral. Kacang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kanker usus besar.


Jus Buah

Berbagai kandungan baik di dalam buah-buahan bisa Anda dapatkan dengan cara yang enak dengan cara membuatnya menjadi jus.


Teh

Minuman ini mengandung tinggi antioksidan dan aneka kandungan lain yang tidak kalah baik bagi kesehatan tubuh.


Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya akan kandungan zat besi. Beberapa diantara manfaat bayam adalah mencegah penuaan dini, mengatasi katara, dan mencegah bayi lahir cacat.

***

Baca Juga: Pentingnya Makanan Sehat Bagi Anak Sekolah

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian makanan dan minuman sehat. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan baru bagi kita bersama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel