MEMBUAT BONEKA KATAK DARI KAIN FLANEL

Pelajaran kita kali ini adalah membuat boneka katak dari kain flanel. Kegiatan ini merupakan salah satu muatan pelajaran SBDP. Diharapkan dengan kegiatan pembelajaran ini, anak-anak dapat mengaplikasikan teknik potong dan sambung ketika membuat boneka katak ini.

Selain itu, anak-anak juga akan berlatih untuk berkreasi, membekali diri dengan keterampilan. Siapa tahu kelak keterampilan itu berguna ketika mereka beranjak dewasa. Siapa tahu juga dengan kreativitas membuat boneka dari kain flanel tersebut kelak mereka bisa mengembangkannya menjadi sebuah usaha kreatif yang menjanjikan. Hehehe.

Daaan... yang pentiiing.... kami semua bergembira dengan kegiatan pembelajaran membuat boneka katak lucu dari kain flanel ini.

Bila Anda ingin juga praktik membuat boneka dari kain flanel, berikut ini adalah alat, bahan, dan cara membuatnya. Kami tuliskan di sini, dan kami sertakan pula video tutrorialnya sebagai berikut.


ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT BONEKA

1. Kain Flanel berwarna hijau, putih, hitam, dan merah. Boleh pula tambahkan warna lain misalnya kuning.
2. Spidol
3. Gunting
4. Jarum dan benang
5. Dakron
6. Lem tembak
7. Ring gantungan kunci


LANGKAH-LANGKAH/CARA MEMBUATNYA

1. Gambarlah pola di atas kain flanel. 

Untuk menghindari kesalahan, kita bisa menggambar pola terlebih dahulu di atas kertas. Selanjutnya, kita potong pola yang ada di kertas tersebut. Baru kemudian kita jiplak pola tersebut di atas kain flanel yang telah kita siapkan.


2. Memotong Kain

Setelah gambar pola selesai kita buat, langkah selanjutnya adalah memotong kain sesuai dengan pola. Berhati-hatilah ketika menggunting, jangan sampai merusak pola yang kita gambar. Lebih-lebih, jangan sampai tangan kita terluka karena ketidakhati-hatian kita saat menggunting. 


3. Siapkan jarum dan benang

Langkah ketiga adalah kita siapkan jarum dan benang. Sebaiknya kita gunakan jarum yang berukuran sedang. Jangan gunakan jarum yang terlalu kecil sebab akan menyulitkan kita saat akan memasukkan benang. Jarum yang terlalu kecil juga rawan patah dan hilang tercecer.

Kemudian, pilihlah warna benang yang sesuai dengan kain. Misalnya gunakan warna hijau tua atau hitam agar tidak terlalu kontras dengan warna kain.


4. Mulailah menjahit

Pada dasarnya, kita bisa menggunakan berbagai macam tusuk jahitan. Yang terpenting adalah hasil jahitan itu cukup kuat dan nantinya dakron isi boneka tidak mbrojol keluar. 

Pada kesempatan kemarin, kami gunakan tusuk feston.

Hati-hatilah saat menjahit. Jangan bergurau atau mengganggu teman yang sedang serius menyelesaikan jahitannya.


5. Isi Boneka dengan Dakron

Jangan buru-buru menutup seluruh tepi boneka dengan jahitan! Kita sisakan sedikit bagian pada tepi boneka untuk memasukkan dakron ke dalam boneka.

Ketika memasukkan dakron ke dalam boneka, yang penting bukanlah banyak atau sedikitnya dakron. Melainkan seperlunya saja hingga boneka jelas berbentuk.

Setelah dirasa cukup berisi dakron, kita bisa sempurnakan jahitan pada tiap sisi boneka.


6. Buatlah Hiasan Pada Boneka

Langkah selanjutnya adalah kita menyempurkan bentuk boneka dengan menambahkan mata, mulut, lidah, atau kantong pada boneka katak yang kita buat.

Kita bisa menggunakan flanel yang berwarna hitam dan putih untuk membuat mata. Kain flanel merah untuk membuat mulut/lidah. Dan lain-lain


7. Memberikan Ring Gantungan Kunci

Pada tahap ini, sebenarnya bisa dikatakan bahwa boneka katak itu sudah selesai dibuat.

Namun, tak ada salahnya kita tambahkan langkah terakhir, yaitu memberikan ring gantungan kunci. Sehingga, boneka katak yang kita buat bisa juga kita gunakan untuk gantungan pada tas atau kunci rumah kitaa..


Berikut ini adalah video kegiatan kami kemarin, sekaligus video "tutorial" sederhana untuk membuat boneka katak dari kain flanel.


[Membuat Boneka Katak dari Kain Flanel ~ Klik untuk memutar video]

Baca JUGA: Belajar Membuat Motif Batik
Demikanlah post tentang MEMBUAT BONEKA KATAK DARI KAIN FLANEL. Post ini sekaligus kami maksudkan sebagai dokumentasi pembelajaran di kelas kami. Semoga bermanfaat.

6 Responses to "MEMBUAT BONEKA KATAK DARI KAIN FLANEL"

  1. Balasan
    1. Betul, Bang. Kita bisa juga gunakan kain perca.

      Cuman kemarin kita beli kain flanelnya.:D

      Lumayaan nih, bisa buat kesibukan Kagendra di rumah. hehehhhh

      Hapus
  2. Sudah kutonton videonya ..., keren gantungan kunci kodoknya.
    Aku jadi pengin nyoba bikin bermacam motif dari kain perca, siapa tau ya kelak bisa juga buat usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba, Mas Himawan. :D

      Betul sekarang eranya kreativitas... kalu kita kreatif, tentu tidak akan jadi pengangguran. hehehe.

      Salam sukses selalu Mas

      Hapus
  3. hasil akhirnya bagus juga ya walaupun masih anak-anak tergantung pembimbingnya emang mantab lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... ini pembimbingnya juga masih latihan, Mbak Devina.

      Semoga dengan berlatih terus menerus anak-anak semakin terampil membuat prakarya... Amiinn

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel