HARI KE DUA MASUK SEKOLAH, SALING BERBAGI DAN MAKAN BERSAMA

Hari ini adalah hari ke dua masuk sekolah untuk semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hari-hari awal  masuk sekolah, anak-anak memang masih belum siap menerima pelajaran. Tugas kita adalah menjadikan mereka siap.

Meski begitu, kami  sangat bersemangat untuk segera belajar dan beraktivitas bersama, setelah menikmati liburan yang cukup panjang selama dua minggu. 

Banyak pengalaman dan kejadian seru yang ingin kami ceritakan kepada teman-teman di sekolah. Meski ada juga beberapa siswa yang menjalani sebagian liburan mereka bersama-sama. Akan tetapi tetap saja pengamalan seru tersebut harus didengar juga oleh teman-teman yang lain. :)

Nah, pagi tadi, dalam sesi moorning meeting, saya ajak anak-anak untuk berkumpul bersama di dalam satu lingkaran kecil. Pada hari sebelumnya, saya berpesan agar mereka membawa jajan atau makanan ringan untuk dinikmati bersama sambil saling bercerita pengalamannya masing-masing.



Saling berbagi dalam suasana penuh keakraban ini memang sangat menyenangkan. Saya berharap dengan sesi kebersamaan yang sederhana semacam ini, akan dapat menumbuhkan kerukunan dan semangat berbagi kepada teman.

Seperti Thania, dia begitu antusias mempersiapkan jajanan untuk dibagikan kepada rekan-rekan di kelas. Pagi ini tadi, Thania membawa sebuah tas kain berisi beberapa jajanan. Yang paling menarik, adalah dia membawa kue donat kentang yang berjumlah cukup banyak, yaitu 17 buah donat.

Mengapa donat Thania menjadi istimewa? Selain empuk dan rasanya manis, yang menyebabkannya menjadi istimewa adalah Thania tidak membeli donat-donat tersebut. Dia mengaku membuatnya bersama Mama tadi malam.

Saya bahagia mendengarnya. Apalagi Thania membagikan donatnya kepada siapa pun teman yang mau mencicipinya.

Jadilah kebersamaan dalam sesi moorning meeting yang cukup singkat itu begitu berkesan bagi saya. Ya, meski waktunya hanya satu jam pelajaran (30 menit) saja.

Setelah selesai makan bersama, mereka membereskan alas dan bantal yang mereka pakai. Kemudian bergegas untuk mengikuti pelajaran TIK (Tekonologi Infortika dan Komputer).

Mudah-mudahan keceriaan, kebersamaan, dan kerukunan mereka akan selalu terjaga hingga kelak mereka dewasa, menjadi sebuah kisah yang terlalu manis untuk mereka lupakan.

BACA JUGA: KEBAIKAN TEMAN KEPADAKU

Sekian cerita hari ke dua masuk sekolah di kelas kami, kelas 3B SD Labschool Unnes Semarang. Ikuti terus kisah-kisah sederhana yang semoga memberi kita makna. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel