Arisan Ilmu - Sebuah Pembelajaran Menyenangkan di SD Labschool Unnes Semarang

Hari ini pembelajaran di kelas 4B SD Labschool Unnes sampai pada materi Kerajaan Nusantara. Materi ini tergolong sulit. Mengapa? Karena banyak sekali materi "hapalan" yang harus dikuasai oleh anak-anak. Selain itu, siswa harus bisa memahami kejadian-kejadian sejarah dalam kurun waktu tertentu.

Bila diajarkan dengan cara biasa-biasa saja, hanya dengan membaca buku saja, anak-anak pasti akan jenuh dan hasil pembelajaran pun tidak akan memuaskan. Tujuan pembelajaran juga tidak akan tercapai dengan baik.

Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi di dalam pembelajaran agar menjadi menyenangkan. Bagaimana supaya indikator pembelajaran dapat tercapai, dan siswa pun bisa belajar dengan gembira. Pembelajaran menyenangkan hari ini bernama: ARISAN ILMU, oleh Guru Labschool Unnes yang enerjik dan inovatif: Mister Perdana Wira Saputra.

[Ilustrasi: Belajar dengan Menyenangkan]



Bagaimana Proses Pembelajaran dengan Arisan Ilmu ini?

Sederhana saja. Siswa secara bergiliran akan mendapatkan satu soal yang mereka dapatkan secara acak, melalui undian yang mereka ambil sendiri dari sebuah tabung berisi soal-soal.

Kemudian, secara lisan siswa akan menjawab soal yang mereka dapatkan itu.

Bila sedang "beruntung", siswa akan mendapatkan soal dengan tingkat kesukaran yang rendah, alias mendapatkan soal yang mudah.

Bila sedang "tidak beruntung", siswa akan mendapatkan soal dengan tingkat kesukaran tinggi, alias dia mendapatkan soal yang sulit.

Akan tetapi, bagaimana pun, siswa yang paling beruntung adalah siswa yang telah belajar dengan sungguh-sungguh. Dia mempelajari materi yang sudah diajarkan oleh guru, dan juga yang ada di dalam buku pelajarannya.

Proses pembelajarannya secara singkat dapat kita lihat di dalam video di bawah ini. Sebuah video dari channel Youtube "Diary Sang Guru" milik Mister Perdana Wira Saputra.

[Video Arisan Ilmu Kelas 4B SD Labschool Unnes Semarang]

Bila Anda menyukai konten video di atas, silakan subscribe/berlangganan pada channel Perdana Saputra di atas. Anda akan mendapatkan video-video tentang keseharian kami sebagai guru (tak) biasa di SD Labschool Unnes.

------
-----

Demikian catatan singkat mengenai sebuah pembelajaran menyenangkan di SD kami, SD Labschool Unnes Semarang.

Mohon doa restu, agar kami selalu diberikan kekuatan untuk berkreasi, berinovasi, dan selalu berbuat yang terbaik untuk anak-anak kami di sekolah. Terima kasih.

close