Siswa SD Labschool Unnes Berlatih Mandiri dan Berani dengan Kegiatan Kemah

SD Labschool Unnes kembali mengadakan kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu Pramuka tahun 2018/2019. Seperti tahun sebelumnya, kegiatan kemah ini dilaksanakan dengan mendirikan tenda di halaman sekolah, selama satu hari satu malam, mulai hari Jumat 12 Oktober hingga Sabtu 13 Oktober 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Labschool Unnes (Pramuka Siaga dan Penggalang) dan didampingi oleh Kakak-kakak Pembina (guru-guru SD Labschool Unnes).

Tema kegiatan kali ini adalah Melalui Kegiatan Kemah Kita Berlatih Mandiri dan Berani.





Kegiatan dimulai sejak Jumat Pagi, yaitu mendirikan tenda. Semua siswa kelas 4 dan 5 harus berlatih untuk mendirikan tenda mereka sendiri. Tentu saja sebelumnya telah diberikan contoh bagaimana cara mendirikan tenda oleh kakak-kakak Pembina Pramuka SD Labschool Unnes.

Barangkali kegiatan pendirian tenda ini merupakan hal yang baru bagi siswa kelas 4. Karena memang mereka bisa mengikuti kemah setelah duduk di kelas empat. Sedangkan bagi siswa kelas 5, tahun lalu mereka sudah melaksanakan kegiatan ini, jadi ini adalah tahun ke dua mereka mengikuti kemah.

Namun, meski demikian, siswa kelas 4 harus tetap berlatih mendirikan tenda mereka sendiri. Bagaimana pun hasilnya. Meski kurang rapi, itu tidak menjadi masalah, kakak pembina bisa membantu untuk merapikan dan menguatkan tenda. Yang terpenting di sini adalah kemandirian, sesuai dengan tujuan kegiatan.

Setelah mendirikan shalat Jumat, dan setelah tenda terpasang, kegiatan resmi pun dimulai dengan melaksanakan Upacara Pembukaan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Muhammad Mukhlas, selalu Pembina sekaligus Kepala SD Labschool Unnes.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan shalat asar berjamaah, menghias tenda masing-masing kelompok/regu, mandi sore, serta persiapan acara api unggun dan pentas seni yang dilaksanakan pada malam hari selepas isyak.

Di sela-sela acara tersebut, ada satu kegiatan lagi yaitu Mencari Jejak.




Kegiatan Api Unggun dan Pentas Seni

Selepas shalat isyak dan makan malam, kita laksanakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Upacara Api Unggun yang dilanjutkan dengan pentas seni.

Kegiatan ini kita lakukan di lapangan sepak bola depan sekolah, dengan lampu dan sound yang seadanya namun tanpa mengurangi kekhidmatan kita saat upacara.

Untuk memastikan upacara berlangsung lancar, Pak Perdana selaku pembina bahkan meminta para petugas untuk melakukan gladi bersih, beberapa saat sebelum upacara dimulai.

Upacara dipimpin oleh Bapak Muhammad Mukhlas, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menekankan kepada anak-anak agar selalu menempa diri dalam kedisiplinan dan keberanian.

"Berani itu jangan diartikan sebagai misalnya berani berkelahi, atau melakukan sesuatu yang berbahaya. Kalian mau mencoba sesuatu hal yang baru, itu sudah bisa dikatakan berani, yaitu berani mencoba, berani menerima tantangan," kata beliau.

Selain itu, beliau berpesan agar anak-anak selalu menjaga kekompakan, selalu gembira, sesuai dengan semboyannya pramuka di sini senang di sana senang. Dimana mana hati kita selalu senang.

Alhamdulillah, secara keseluruhan anak-anak telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Petugas pembawa api unggun juga fasih dan lancar dalam mengucapkan dasa dharma Pramuka. Tidak ada satupun yang tiba-tiba hilang hapalannya, semuanya terfokus dan konsentrasi sehingga upacara berlangsung khidmat dan lancar sampai api unggun menyala.

Acara pun dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni. Ada 9 kelompok yang tampil pada malam itu. Masing-masing unjuk kebolehan setelah berlatih secara khusus untuk acara ini. Pentas-pentas yang ditampilkan antara lain: dance, tari modern maupun tradisional, drama, hingga pertunjukan sulap.

Kira-kira pukul sepuluh malam kegiatan berakhir dan anak-anak kembali ke tenda masing-masing untuk mengarungi mimpi.


Kegiatan Pagi: Senam dan Outbond Seru

Hari ke dua kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu SD Labschool Unnes diawali dengan kegiatan senam pagi bersama. Senam pagi dilakukan dengan gembira dan bertujuan agar badan kembali bugar setelah aktivitas semalam, sekaligus bersiap kembali melanjutkan aktivitas yang tidak kalah seru: yaitu Permainan dan Outbond!

Kegiatan ini bisa dibilang adalah sesi "having fun" yang bertujuan untuk bersenang-senang dan sekaligus memupuk kerja sama siswa di dalam kelompok.

Oleh sebab itu, permainan-permainan yang dipilih pun lebih menonjolkan pada kerja sama di dalam kelompok. Permainan-permainan tersebut antara lain: lempar gelang yang dibuat dengan selang, estafet lingkaran, bola basket, dan lomba bakiak.

Baca Juga: Permainan Tradisonal Anak Indonesia Egrang Batok dan Permainan Tradisional Ular Naga.

Meski lelah, siswa mengaku merasa senang dengan seluruh rangkaian kegiatan perkemahan ini. Haparan kami, semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini dan bisa terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif bagi anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi kegiatan perkemahan SD Labschool Unnes kemarin.





Sampai jumpa lagi pada post-post berikutnya di www,rifanfajrin.com.
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon