Pengertian Kritik dan Pujian disertai Contoh, Langkah-Langkah, dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Pengertian Kritik dan Pujian 

A. Kritik

Kritik berarti kecaman atau tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu karya, pendapat, tindakan atau keadaan. Kritik yang baik senantiasa disertai tanggapan atau pun saran.

Saran dapat dimaknai sebagai pendapat, usul, anjuran untuk bahan pertimbangan. Dengan adanya saran, seseorang dapat melakukan perbaikan atau peningkatan dari keadaan semula. Sementara itu, tanggapan ialah respon seseorang terhadap berbagai kejadian secara verbal. Tanggapan sebaiknya berdasarkan fakta yang logis.

Contoh kalimat kritik:

1. Sebenarnya karya ini baik, tetapi dari segi warna kurang menarik. Sebaiknya, sang pelukis menggunakan warna-warna cerah untuk objek lukisan.

2. Lagu yang dinyanyikan dalam konser kemarin bagus. Akan tetapi, tata suara kurang mendukung sehingga tidak terdengar jelas. Sebaiknya, panitia mempersiapkan konser dengan lebih baik.





B. Pujian

Pujian bermakna tanggapan terhadap sesuatu hal dengan menitikberatkan pada keungulan atau nilai lebih dari hal yang ditanggapi. Pujian seringkali menimbulkan efek kebanggaan dan kegembiraan. 

Contoh kalimat pujian:

1. Wah, film Laskar Pelangi benar-benar inspiratif!
2. Lukisan karya Pak Raden sungguh bagus. Komposisi warna juga penggambaran objeknya sangat menarik.


C. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memuji/Mengkritik

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengkritik/memuji sebuah karya seni, yaitu:

1. Objektivitas 

Objektivitas bermakna tidak memihak. Artinya, dalam memberikan kritik ataupun pujian harus adil, sesuai dengan kondisi sebenarnya tanpa mempertimbangkan pencipta karya tersebut.

2. Bahasa yang lugas dan santun

Kritik ataupun pujian hendaknya disampaikan dengan bahasa yang lugas dan santun. Lugas artinya tidak menggunakan kata-kata konotasi (bermakna ganda). Santun berarti kritikan diberikan dengan kalimat yang santun dan hati-hati sehingga tidak menyinggung perasaan penerima kritik.

D. Langkah-Langkah Menyampaikan Kritik/Pujian Dengan Bahasa Lugas dan Santun

Dalam menyampaikan kritik maupun pujian terhadap karya seni dengan bahasa lugas dan santun, ada beberapa langkah yang bisa kita terapkan, diantaranya:

1. Mengamati karya seni yang akan dikritik ataupun dipuji.
2. Menentukan aspek yang akan dikritik ataupun dipuji dari karya seni tertentu.
3. Menentukan keunggulan dan kelebihan dari karya seni tertentu.
4. Menyampaikan kritik ataupun pujian terhadap karya seni tertentu dengan bahasa yang jelas dan sopan.


Demikianlah uraian singkat tentang kritik dan pujian, semoga bermanfaat.

close