Ular Naga di Kirab Budaya Karnaval Tambakboyo Ambarawa Tahun 2018


Seingat saya, lima tahun belakangan ini Kelurahan Tambakboyo Kecamatan Ambarawa selalu menyelenggarakan Kirab Budaya [Karnaval].

Tahun ini (tahun 2018), Kirab Budaya atau karnaval kembali diagendakan.

Kirab Budaya atau Karnaval tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73.

Sama dengan tahun lalu, kirab yang diikuti oleh 8 Desa/Rukun Warga di Kelurahan Tambakboyo. Desa-desa tersebut antara lain: Desa Tambakboyo, Tambaksari, Tambakrejo, Katang, Busungan, Karanganyar, Rengas, dan Rawa Asri.

Masing-masing lingkungan/desa menampilkan kreasi terbaiknya. Dan saya selalu kagum dan suka menyaksikan karnaval seperti ini.

Untuk tahun ini, kreasi yang paling menarik perhatian saya adalah Ular Naga dari Desa Katang (RW 07).

Ular Naga merupakan salah satu ikon kota Ambarawa yang meningatkan kita Naga Baru Klinting, tokoh utama dalam cerita legenda terbentuknya Kota Ambarawa. 

Kebetulan saya punya kawan karib yang ikut dalam proses kreatifnya. Info yang saya dapat darinya, replika ular naga sepanjang 30 meter tersebut dikerjakan dalam waktu kurang dari tiga minggu.

Selain ular naga, ada juga ondel-ondel/ogoh-ogoh serta replika singa, dan sebagainya.

Saya dokumentasikan karnaval tersebut dan mengunggahnya ke channel youtube kami.

Berikut ini daftar putar Kirab Budaya Karnaval Tambakboyo tahun 2018. Anda bisa saksikan dengan klik tautan di bawah ini.



Saya berharap mudah-mudahan acara-acara seperti ini akan terus ada pada tahun-tahun mendatang.

Bukan hanya sisi hiburan dan tontonannya saja yang menjadikan dasar menurut saya acara ini harus terus ada.

Namun, lebih kepada semangat persatuan, gotong royong, persatuan dan persaudaran, serta kreativitas. Itulah mengapa saya selalu menanti acara-acara seperti ini.

Akhir kata, mari kita pekikkan:

Dirgahayu Republik Indonesia
Sekali Merdeka Tetap Merdeka!!
close