Cita-Cita Anak-Anak SD Labschool Unnes [Kelas 3A 2018/2019]

Ruang kelas tidak hanya menjadi sebuah tempat untuk kita belajar. 

Lebih dari itu, ruang kelas telah menjadi rumah ke dua bagi kita, tempat kita berinteraksi bersama keluarga kita di sekolah--yaitu teman-teman serta bapak dan ibu guru.

Ruang kelas adalah satu dari ribuan anak tangga yang kami tapaki demi menuju masa depan yang cerah, meraih cita-cita yang kami letakkan setinggi bintang-bintang di langit malam.

Sebagaimana rumah, ruang kelas pun saya kira perlu memiliki identitas. Ada pun identitas itu, bisa diwujudkan berupa "foto keluarga", foto siapa saja yang menghuni rumah tersebut.

Bila di ruang tamu kita di rumah terdapat foto keluarga, di sekolah pun kita bisa memasang foto-foto keluarga kita di sekolah. Sekali lagi, karena maksud kita itu tadi, "rumah ke dua" yaitu sekolah pun mesti menunjukkan semacam identitas siapa yang "tinggal di rumah tersebut".

Berdasarkan pandangan tersebut, saya mengajak siswa-siswi saya di kelas 3A untuk mengambil "foto keluarga" pagi tadi, Kamis 9 Agustus 2018.

Saya mengajak mereka menelusuri tempat-tempat di sekitar sekolah kami yang kami rasa cukup bagus untuk mengambil foto.

Baru berjalan beberapa meter, tak jauh dari ruang kelas kami, langkah kami terhenti di "Tangga Karakter" di sekolah kami.

Tangga karakter nampaknya hanyalah sebuah tangga biasa. Namun di sana tertulis karakter-karakter mulia yang ingin kami dapatkan melekat pada setiap individu di keluarga besar sekolah kami.

Karakter-karakter mulia yang ingin kami capai tertulis di setiap anak tangga dari tangga karakter.

Misalnya: tanggung jawab, nasionalis, religius, berakhlak mulia, disiplin, berprestasi, dan sebagainya.

Kami mengambil foto formasi lengkap di tangga karakter tersebut.

Selanjutnya, entahlah, seperti tergerak secara otomatis, tiba-tiba saja langkah-langkah kami bersama-sama menuju taman di depan perpustakaan sekolah kami.

Taman tersebut adalah taman yang cukup baru di sekolah kami.

Taman itu baru beberapa saat yang lalu ada, tepat di awal tahun pembelajaran ini.

Taman itu berada di depan ruang perpustakaan sekolah kami, ruang perpustakaan yang juga memiliki tampilan baru setelah dihias dengan mural bernuansa pendidikan dan kegiatan literasi.

Di taman itulah kami berfoto bersama dan dilanjutkan dengan foto satu per satu dari kami.

Inilah kami, siswa siswi kelas 3A SD Labschool Unnes Semarang tahun 2018/2019.

Hubungan kami tidak hanya sebatas pada pertemanan saja.

Lebih dari itu, kami sudah seperti saudara.

Seperti sebuah saudara yang saling menghargai, saling memahami, saling mengisi dan menutupi kekurangan masing-masing, saling mendukung, dan saling berlomba-lomba di dalam kebaikan.

Bersama-sama, kami memiliki cita-cita masa depan.

Dan inilah cita-cita kami.

[Video: Cita-Cita Anak-Anak SD Labschool Unnes]
Klik untuk memutar video

Kami akan terus berusaha meraih dan mewujudkan cita-cita kami.

Semoga ke depan, terus tercipta keharmonisan, kebersamaan, dan sampailah kami pada cita-cita kami. Cita-cita masa depan anak-anak Indonesia!

www.rifanfajrin.com
close