Percakapan Melalui Telepon - Materi Pelajaran bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar

Percakapan Melalui Telepon -  Materi Pelajaran bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar

www.rifanfajrin.com

Assalamualaikum wr wb

Pelajaran bahasa Indonesia kali ini membahas tentang Percakapan Telepon. Materi pelajaran ini diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 3 sekolah dasar.

Ada beberapa tujuan pembelajaran untuk materi percakapan telepon ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu bercakap-cakap melalui telepon.
2. Siswa memahami tata cara, sopan santun, dan etika pada saat bertelepon.
3. Siswa bisa menyusun teks percakapan telepon.

Pada pembelajaran ini, saya bagi siswa secara berpasangan (dua-dua). Tugas mereka adalah membuat percakapan telepon dan mempraktikkannya di depan kelas.

Berikut ini adalah video materi pembelajaran bahasa Indonesia "Percakapan Telepon" disertai dengan video anak-anak ketika mempraktikkannya di depan kelas. 


[Video- klik untuk menonton] Percakapan Telepon


Sebelum mereka melalukannya, saya sampaikan secara umum tata cara menelepon. 

Tata cara menelepon adalah sebagai berikut:

1. Awali percakapan dengan mengucapkan salam. Salam bisa disampaikan dengan "Assalamualaikum", "Selamat Pagi", "Selamat siang", "Selamat sore", atau "Selamat malam" tergantung waktu pada saat menelepon.

2. Perkenalkan diri dan sebutkan siapa orang yang dituju. Dengan siapa kita ingin berbicara.

3. Sampaikan maksud dan tujuan, serta berbicaralah dengan bahasa yang singkat dan padat. Artinya tidak bertele-tele. Gunakan telepon seperlunya saja, karena semakin lama kita berbicara melalui telepon semakin besar pula biayanya.

4. Setelah selesai, ucapkanlah terima kasih dan sampaikan salam kembali. 

Selain tata cara tersebut di atas, adalah beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan. Hal ini menyangkut sopan santun dan etika ketika menelepon.

Sopan santun dan etika saat menelepoon

1. Perhatikanlah waktu yang tepat untuk menelepon. Menelepon seseorang malam-malam atau pada waktu dinihari tentu akan mengganggu.

2. Gunakanlah bahasa yang sopan, jelas, dan tidak dengan intonasi dan nada yang tinggi. Berbicaralah dengan nada yang rendah dan tidak membentak-bentak.

3.  Jangan menelepon sambil makan atau sambil minum. Hal itu bisa menimbulkan kesan bahwa kita tidak sopan atau tidak menghargai lawan bicara. Apalagi kita sedang menelepon seseorang yang penting atau lebih tua, misalnya menelepon guru.

4. Apabila terjadi salah sambung, jangan lupa untuk meminta maaf karena telah mengganggu, dan undur diri secara baik-baik. Tidak malah memaki-maki.

5. Bisa selesai, letakkan gagang telepon secara perlahan atau wajar. Tidak dengan membanting gagang telepon. Karena selain bisa rusak, hal itu membuat lawan bicara bisa tersinggung.

Demikianlah sekelumit materi pelajaran bahasa Indonesia bab percakapan telepon.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel