[Memorable Quotes] Kata-kata mutiara di Novel Black Beauty ~ Anna Sewell

Judul Buku : Black Beauty
Penulis : Anna Sewell
Penerjemah : Linda Boentaram
Penerbit : Gagas Media, Jakarta
Tebal Buku : vi + 326 Halaman



Bagi Anda yang telah membaca ulasan Buku Black Beauty karya Anna Sewell di blog ini, berikut saya akan hadirkan beberapa quotes atau kata-kata mutiara yang ada di dalam buku tersebut yang menurut saya menarik.

Selamat membaca.

[Memorable Quotes] Kata-kata mutiara di Novel Black Beauty ~ Anna Sewell


*
Ada begitu banyak macam manusia. Ada yang baik dan penuh perhatian seperti majikan kita, sehingga kuda mana pun akan merasa terhormat melayaninya, dan ada orang-orang jahat dan kejam yang seharusnya tidak boleh memiliki kuda atau anjing.


**
Selain itu, ada banyak sekali manusia bodoh yang dangkal, bebal dan ceroboh, yang tidak pernah mau berpikir sedikit pun. Mereka ini lebih sering mencelakai kuda daripada orang lain, hanya karena tidak punya otak.


***
Apa lagi yang bisa kuinginkan? Kebebasan!


****
Ucapan buruk memang diciptakan untuk hal-hal buruk.


*****
Kekejaman adalah ciri khas iblis sendiri, dan jika kita melihat siapa pun menikmati kekejaman, kita akan tahu siapa tuannya, karena iblis adalah pembunuh sejak awal dan penganiaya sampai akhir.


***** *
Tak mungkin ada agama tanpa cinta, dan orang bisa membual sebanyak mungkin tentang agama mereka, tetapi jika itu tidak mengajari mereka agar baik dan ramah kepada manusia dan binatang, agama itu palsu--palsu, James, dan tidak akan bertahan jika semua hal ternyata terbalik.


***** **
"Latihan pangkal kesempurnaan," ujar pengurus kuda berkaki bengkok itu, "dan malang sekali jika aku tidak bisa melakukannya. Sudah empat puluh tahun latihan, dan masih tidak sempurna juga!"


***** ***
Menurutku jika sudah menyangkut kekejaman dan penindasan, sudah kewajiban semua orang untuk ikut campur ketika mereka melihatnya.


***** ****
Marilah, ibu dan bapak
Saudara dan saudari
Ayo, kalian semua
Mari kita membantu sesama


***** *****
Kalau kau bermalas-malasan di pagi hari
Kau tak bisa mengejar waktu di siang hari
Kau boleh tergesa dan berlari-lari,
Kelabakan dan cemas hati
tetapi kau tidak bisa mengulang waktu lagi
Tak akan pernah lagi

(Nyanyian Jerry Barker)


***** ***** *
Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada orang-orang yang selalu terlambat, lalu ingin kuda taksi dipacu sekencang-kencangnya untuk menebus kemalasan mereka.


***** ***** **
Aku akan membawa Anda dengan kecepatan biasa, Tuan-Tuan. Uang tidak sepadan untuk mengebut seperti itu.


***** ***** ***
Aku sudah membaca Sepuluh Hukum Tuhan berkali-kali dan tidak pernah melihat kalimat "Kau Akan Kaya", dan tak ada banyak hal menarik dalam Perjanjian Baru tentang orang kaya yang pasti membuatku merasa aneh seandainya aku salah satu dari mereka.


***** ***** ****
Seandainya kau kelak menjadi kaya, kau layak mendapatkannya, Jerry, dan kekayaan itu akan menjadi kekayaan yang halal. Sedangkan kau, Larry, kau akan mati melarat, karena terlalu banyak menggunakan pecutmu!


***** ***** *****
Kau tidak pernah mau repot-repot mencari tahu apa kudamu bisa jalan tanpa pecut. Cemetimu selalu mencetar seolah-olah lenganmu kedutan, dan jika tidak melelahkanmu, hal itu melelahkan kudamu. Kau tahu, kau selalu gonta-ganti kuda, dan tahu alasannya? Karena kau tidak pernah memberi mereka KEDAMAIAN atau MENYEMANGATI MEREKA!


***** ***** ***** *
Nasib Baik sangat pemilih, dan biasanya lebih menyukai mereka yang berakal sehat dan berbudi baik.


***** ***** ***** **
Saya membaca bahwa Tuhan menciptakan manusia, kuda, dan semua binatang lain, dan begitu Dia telah menciptakan mereka, Dia menciptakan hari libur, dan menitahkan semua makhluk untuk beristirahat pada hari ketujuh.


***** ***** ***** ***
"Aku tak percaya agama, karena aku tidak melihat kalian orang-orang beragama lebih baik dibanding yang lain."

"Jika mereka tidak lebih baik, itu karena mereka tidak beragama. Ucapanmu sama saja dengan mengatakan hukum negara kita tidak baik karena beberapa orang melanggarnya."


***** ***** ***** ****
Jika beberapa orang berhati palsu dan penipu, itu bukan berarti agama tidak benar. Agama sejati adalah hal terbaik dan paling tulus di dunia, dan satu-satunya yang bisa membuat seseorang sungguh-sungguh bahagia atau menjadikan dunia yang kita tinggali ini lebih baik.


***** ***** ***** *****
Setiap orang harus menjaga jiwanya sendiri. Kita tidak bisa memasrahkannya begitu saja kepada orang lain seperti bayi terlantar dan mengharapkan orang untuk menjaganya.


***** ***** ***** ***** *
Hal yang benar pasti bisa dilakukan, dan hal yang salah pasti bisa ditinggalkan. Dan orang baik pasti akan menemukan jalan keluar.


***** ***** ***** ***** **
Itu baru namanya pria terhormat, pria sejati. Dia masih sempat meluangkan waktu dan perhatian untuk seorang pengemudi taksi dan seorang gadis kecil.


***** ***** ***** ***** ***
Prinsipku adalah, jika kita melihat perbuatan kejam atau salah yang bisa kita hentikan, dan tidak berbuat apa-apa, kita ikut menanggung kesalahan tersebut.


***** ***** ***** ***** ****
Manusia lebih kuat, dan jika mereka kejam dan tak berperasaan, tak ada yang bisa kita lakukan selain menanggungnya--menanggungnya terus hingga akhir. Aku ingin akhirnya segera tiba, aku ingin mati. Kau pernah melihat kuda-kuda yang sudah mati, dan aku yakin mereka tidak menderita kesakitan. Aku ingin bisa jatuh dan mati saat bekerja, dan tidak dikirim ke tukang jagal. [Ginger]


***** ***** ***** ***** *****
Dan di sinilah akhir kisahku. Penderitaanku telah berakhir, dan aku kini mempunyai rumah. Dan sering kali sebelum aku benar-benar terjaga, aku merasa seolah masih berada di kebuh buah di Birtwick, sambil berkumpul dengan teman-teman lamaku di bawah naungan pohon apel.


Baca juga
Ulasan Buku Black Beauty karya Anna Sewell
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon