Menumbuhkan Budaya Membaca

rifanfajrin.com ~ Menumbuhkan Budaya Membaca


Mengawali pembelajaran semester dua ini, saya ingin mengajak anak-anak untuk lebih banyak membaca buku. Kita semua sudah tahu bahwa buku adalah jendela ilmu, kita pun tahu bahwa banyak membaca buku akan menambah pengetahuan dan wawasan. Akan tetapi, pada kenyataannya minat baca kita masih saja rendah. 

Untuk itulah, saya kemudian merencanakan untuk membuat satu program "Baca Buku", "Tadarus Buku", atau apalah nanti namanya. Pokoknya saya ingin mengajak anak-anak yang saya ajar untuk membaca buku selama satu semester ke depan. Meskipun sekolah kami sudah ada program "Budaya Baca" yang dilaksanakan serentak di setiap kelas saban hari Rabu pagi, saya rasa program saya ini akan tetap saya jalankan, saya ujicoba-kan pada kelas lima dan enam yang saya ajar itu saja.

Nah, nantinya buku yang dibaca bukan buku pelajaran, melainkan buku apa saja yang mereka sukai, entah itu ensiklopedia, majalah, novel, cerpen, puisi, musik, bahkan komik pun boleh untuk dibaca. Syaratnya, tidak boleh komik saru(!) dan komik yang penuh dengan kekerasan. :) Saya tentu akan senang jika setiap anak telah memiliki bacaan favorit. Ketika saya coba tanya pada mereka buku apa yang biasa mereka baca, kebanyakan dari mereka menjawab buku seri KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya). Wah, baguslah kalau begitu. Semoga ke depannya mereka juga termotivasi untuk bisa menulis buku, tidak hanya membacanya saja.



Untuk mendukung program tersebut, saya juga sudah menyiapkan semacam "kartu membaca" untuk saya bagikan kepada anak-anak, bentuknya mirip-mirip "kartu prestasi" mengaji ketika dulu belajar mengaji di Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ). Jadi nanti anak-anak akan mencatat pada kartu itu tentang buku apa yang sudah dia baca, siapa penulisnya, dan berapa halaman yang dia baca.

Karena ini program yang baru akan saya laksanakan, saya tidak ingin terlalu "membebani" siswa untuk setiap hari harus membaca buku. Saya bilang, kegiatan ini tidak wajib! Hanya saja, saya sampaikan kepada mereka, bahwa sekali waktu saya akan mengecek "kartu prestasi" anak-anak untuk mengetahui siapa saja yang membaca buku, sesering apakah, juga untuk mengetahui bagaimana kesan dan motivasi mereka untuk kegiatan ini. Ketika saya sampaikan rencana ini sih anak-anak nampak begitu antusias, baik kelas lima maupun kelas enam. 

Selain itu, saya sampaikan juga bahwa nantinya anak-anak akan saya minta maju satu per satu untuk "menceritakan pengalamannya membaca buku" di dalam kelas di depan teman-temannya. Jadi bukan "menceritakan kembali" isi buku yang dibaca. Iya kalau buku yang dibaca adalah buku cerita, lah kalau bukan buku cerita, misalnya buku kuliner atau masak-masakan, bagaimana menceritakannya? 

Oleh sebab itulah, anak-anak akan saya minta untuk menceritakan bagaimana pengalamannya membaca buku, kesan-kesan apa yang dia dapatkan setelah membaca buku tersebut, bagian manakah yang dia sukai atau tidak dia sukai, dan tentu saja boleh-boleh saja kalau memang mereka ingin menyampaikan isi bukunya. Bahkan, anak-anak pun saya izinkan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai desain dan perwajahan buku yang mereka baca. Bebas pokoknya! :)

Oya, lebih khusus untuk kelas enam, karena mereka pada akhir semester ini (yang juga berarti akhir tahun pelajaran) harus menghadapi ujian nasional yang tidak jadi DITUNDA SEMENTARA itu, saya wanti-wanti supaya jangan sampai program ini mengganggu mereka untuk berkonsentrasi belajar dan mengerjakan tugas! Cari dan manfaatkan waktu senggang untuk membaca buku, yang sebenarnya bermanfaat untuk "refreshing dan rekreasi" itu! Jangan malah keterusan membaca komik dengan dalih mendapat tugas dari Pak Rifan! :D

Akhir kata, saya hanya bisa berharap program ini benar-benar akan berjalan dengan lancar selama satu semester ke depan, sehingga budaya membaca pada sekolah kami akan terwujud (tidak hanya anak-anak tetapi juga guru-gurunya, utamanya saya sendiri wong saya yang mengajak kok), dan anak-anak (kami) pun akan mendapatkan sesuatu yang kita inginkan di awal tulisan ini yaitu mereka akan semakin kaya pengetahuannya.[]


Berikut ini adalah foto-foto tadi pagi ketika anak-anak kelas VI A saya ajak ke perpustakaan sekolah kami. Sebelum mereka membaca atau meminjam buku, saya ajak mereka untuk membereskan dan menata buku-buku terlebih dahulu. :) terima kasih, Nak.






Previous
Next Post »