SD Labschool Unnes Raih Juara III Lomba Keterampilan Bahasa Jawa se-Kecamatan Gajahmungkur

rifanfajrin.com - Adeffa Rasendriya Rashadi Laksono, siswa kelas 5 SD Labschool Unnes berhasil meraih juara III dalam Lomba Keterampilan Bahasa Jawa tingkat Kecamatan Gajahmungkur, 24 Agustus 2016 kemarin. 

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari "Lomba Bahasa Jawa dan Siswa Berprestasi tahun 2016" yang diselenggarakan oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dan diikuti oleh 33 sekolah dasar se-Kecamatan Gajahmungkur.


Saya, Adeffa, dan Mister Kurnia Widi Haryono selaku Wali Kelas 5A.

Sebagai perwakilan SD Labschool Unnes, Adeffa maju bersama Nathania Abigail Destiny. Pada lomba yang dilaksanakan di SD Labschool Unnes tersebut, Adeffa unggul dari sejumlah perwakilan siswa sekolah lain. 

Meski tidak menjadi juara pertama, Adeffa sudah merasa senang. Dia merasa surprise bisa menjadi yang terbaik ke tiga, mengingat proses lomba harus melalui beberapa tahap. Tahap pertama, setiap peserta dari 33 sekolah itu menjalani tes tertulis untuk mendapatkan 6 (enam) peserta terbaik.

Setelah lolos ke fase enam besar, setiap peserta diminta untuk menceritakan gambar yang disediakan oleh panitia lomba. Bersyukur, pada tahap ini dia berhasil meraih posisi ke tiga.

"Semoga besok bisa menang, menjadi juara satu kalau ada lomba lagi," kata Adeffa.

Ketika ditanya tentang kunci suksesnya meraih juara III, Adeffa menjawab bahwa dia hanya belajar dan banyak membaca PEPAK Bahasa Jawa. Selain itu, keberhasilannya juga tidak lepas dari Ibu Istika Ramadhani yang membimbingnya belajar bahasa Jawa.


SISWA BERPRESTASI 2016

Sementara itu, pada Lomba Siswa Berprestasi 2016, SD Labschool Unnes mengirimkan dua wakilnya, yaitu Talenta Heksa Kumara dan Keisha Ratih Kirana dari kelas lima.

Pemilihan siswa berprestasi dilaksanakan selama dua hari, 24 - 25 Agustus.

Dalam seleksi siswa berprestasi, setiap peserta diminta untuk membuat presentasi menggunakan media Power Point tentang Harapan Keikutsertaan Lomba. 

"Saya membuat presentasi berjudul Meraih Impian, setelah itu saya diminta untuk menyampaikan pidato," kata Talenta.

Dalam seleksi siswa berprestasi tahun 2016 ini, Talenta mendapatkan peringkat 8 (delapan).

Melihat hasil Lomba Keterampilan Bahasa Jawa dan Siswa Berprestasi 2016, Ibu Yulia Nur Anggraeni selaku Wakil Kepala Sekolah Sie Kesiswaan mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi terhadap usaha anak-anak. Kami tidak menyalahkan info lomba yang mepet, sebab bagaimana pun juga kita merasa harus siap setiap saat, terus mendampingi dan membimbing anak-anak untuk meraih keberhasilan."

Selamat untuk semua peserta! (rifanfajrin.com)


close