Kreasi Membuat Boneka Kain Flanel (Praktik SBK kelas VI SD Labschool Unnes)

rifanfajrin.com - Kreasi Membuat Boneka Kain Flanel (Praktik SBK kelas VI SD Labschool Unnes)




Praktik Pembelajaran SBK kelas VI kali ini adalah berkreasi membuat boneka dari kain flanel. Pembelajaran SBK, menurut Mister Perdana Wira Saputra selaku guru kelas VI, di antaranya adalah bertujuan membekali para siswa tidak hanya pada pengetahuan, tetapi juga keterampilan. Selain itu, juga sebagai sarana berekspresi.


Membuat Boneka dari Kain Flanel

Alat dan Bahan

1. Kain Flanel (warna sesuai kebutuhan)

Kain flanel banyak digunakan untuk membuat boneka. Apa itu kain flanel? Flanel atau disebut juga felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun. Kain flanel dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan, sehingga tekstur dan jenis kain yang dihasilkan pun beragam (tergantung bahan pembuatnya). 

Kain flanel mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk kain flanel yang sudah dipotong-potong, bisa didapatkan cukup dengan Rp. 1.500,00.

2. Dakron

Dakron adalah serat yang mempunyai daya kembang tinggi dan banyak digunakan untuk mengisi boneka. Sebab, dakron mempunyai kelebihan yaitu akan kembali ke bentul semula setelah ditekan. Selain untuk mengisi boneka, dakron juga banyak digunakan untuk bantal, dan berbagai media yang dahulu banyak menggunakan bahan kapuk/kapas.

Ciri-ciri dakron adalah beratnya ringan tetapi sangat mengembang. Untuk itulah bahan jenis ini sangat nyaman dipakai.

3. Kertas

Kertas ini digunakan sekiranya perlu untuk membuat pola terlebih dahulu. Bila merasa sudah yakin dan mantab menggambar pola langsung di kain flanel, maka kehadiran kertas tidak lagi diperlukan.

4. Alat tulis (pensil, spidol)

Alat tulis digunakan untuk menggambar pola pada kertas, dan untuk memberikan hiasan pada boneka yang akan dihasilkan bilamana perlu.

5. Gunting

Gunting digunakan untuk memotong kain flanel sesuai dengan pola rancangan yang hendak dibuat.

6. Jarum dan Benang

Jarum dan benang digunakan untuk menjahit kain flanel sesuai pola yang telah dibuat.

Cara / Langkah-Langkah Membuat

1. Gambarlah pola rancangan boneka yang hendak dibuat di atas kertas dengan menggunakan pensil atau spidol. Pola boneka bisa dibuat sendiri sesuai dengan kreativitas masing-masing siswa, bisa juga dengan meniru bentuk pola yang telah disediakan oleh guru, atau tersedia di internet.

2. Setelah pola di atas kertas selesai dibuat, maka mulailah membuat pola di atas kain flanel yang telah dipersiapkan. Menggambar pola di atas kertas bertujuan menghindarkan kesalahan membuat pola. Jika sudah terbiasa dan mahir membuat pola, pembuatan pola langsung di atas kain flanel pun tidak menjadi masalah.

3. Potong kain flanel yang telah diberi pola menggunakan gunting atau pemotong yang telah disiapkan.

4. Jahitlah sebagian kain flanel sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Sisakan space untuk memasukkan dakron.

5. Langkah selanjutnya, isilah boneka dari kain flanel yang telah dijahit sebagian itu dengan dakron. Pengisian dakron bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Setelah boneka terisi dengan dakron, sempurnakanlah jahitannya.

7. Langkah selanjutnya adalah menghias tubuh boneka yang telah selesai dijahit tersebut, misalnya dengan menambahkan mata, hidung, mulut, telinga, rambut, dan sebagainya. Bisa juga dengan memberi pakaian pada boneka itu.


Manfaat Kegiatan Pembelajaran Membuat Boneka dari Kain Flanel

Setelah pembelajaran, Mister Perdana bertanya kepada para siswa, "Apa yang kalian pikirkan dan kalian rasakan setelah berhasil membuat boneka dari kain flanel ini?"

"Ternyata mudah sekali membuatnya!"

"Pembelajaran praktik membuat boneka ini sangat menyenangkan!"

"Inilah pentingnya ide kreativitas! Seseorang tidak akan menjadi pengangguran apabila dia memiliki kreativitas! Hehehe!" kata Mister Perdana sambil memamerkan tawa lebarnya yang khas.

Demikianlah salah satu pembelajaran SBK untuk siswa Kelas VI yaitu Membuat Boneka dari Kain Flanel. #SDLabschoolUnnesNggakAdaMatinya!

Baca Juga kreasi lainnya:


Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon