Kisah Klasik untuk Masa Depan: Kaleidoskop Kelas 3B SD Labschool Unnes Tahun 2015/2016

rifanfajrin.com - “Kisah Klasik untuk Masa Depan: Kaleidoskop Kelas 3B SD Labschool Unnes Tahun 2015/2016”



Alhamdulillah.
Segala puji bagi Alloh SWT atas semua nikmat dan karunia-Nya. Salam serta shalawat semoga tetap tercurah kepada Baginda Rasululloh Muhammad SAW.

Pada tanggal 1 Mei 2013 saya mulai mengajar di sekolah ini. Jadi, 3 tahun sudah saya berada dan menjadi bagian di sekolah ini. Namun, baru pada tahun ini saya benar-benar “merasa menjadi wali kelas” secara utuh.
Pada tahun pertama saya berada di sekolah ini, yaitu pada tahun ajaran 2013/2014, saya menjadi wali kelas 5B (angkatan ke-2 SD Labschool: Lintang Ayu, Dewangkara Yoga, Ali Akbar, dkk). Akan tetapi, pada saat itu saya hanya mengajar Bahasa Indonesia dari kelas 4-6. Itu berarti saya menemani anak-anak kelas 5B hanya enam jam saja per minggu.
Tahun ke dua, 2014/2015, saya menjadi wali kelas 3B (Talenta Heksa, Bramasta, Keisha Ratih, Avatari, dkk). Saya sangat menikmati proses belajar bersama mereka. Akan tetapi, pada semester ke-dua tiba-tiba saya harus “naik” menjadi wali kelas 5A (Angkatan ke-3 Labschool: Najwa Lathiifah, Ahmad Dzaky, Sausan, dkk) karena Pak Hari Agus Prasetyo, wali kelas 5A sebelumnya, Alhamdulillah diterima sebagai PNS di Kabupaten Batang. Sementara itu, kelas 3B kemudian diampu oleh Ibu Ika Rostika Ningrum.
Nah, oleh sebab itu pada tahun ke tiga inilah (2015/2016) saya merasa benar-benar utuh menjadi seorang wali kelas. Alhamdulillah saya bisa menemani anak-anak selama satu tahun penuh, menikmati proses belajar-mengajar dan bermain bersama. Bahkan, pada tahun ini kita merasakan 2x bulan Ramadhan dan 2x Hari Raya Idul Fitri.  J
Sampai di sini, entahlah, apakah anak-anak dan Bapak/Ibu sekalian merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan. Yang jelas, bagi saya tahun ini adalah tahun yang spesial yang terlalu manis untuk dilupakan. Suka, duka, canda, tawa, sedih dan senang, bercampur menjadi satu, menjadi satu keindahan tersendiri.
Untuk itulah saya menyusun buku kecil yang tak seberapa ini sebagai upaya untuk mengekalkan kenangan-kenangan yang pernah kita lalui bersama. Ya, “Kisah Klasik untuk Masa Depan: Kaleidoskop Kelas 3B SD Labschool Unnes Tahun 2015/2016” ini saya persembahkan untuk kita semua.
Dengan segala kerendahan hati, semoga Bapak dan Ibu, serta siswa-siswiku kelas 3B, berkenan menerimanya.

Ambarawa, 16 Juni 2016
M. Rifan Fajrin


Catatan ini adalah pengantar dari buku "Kisah Klasik Untuk Masa Depan: Kaleidoskop Kelas 3B SD LAbschool Unnes Tahun 2015/2016”. Buku ini saya bagikan kepada anak-anak sebagai kenang-kenangan pembelajaran selama satu tahun di Kelas 3B SD Labschool Unnes. Buku ini berdiri sendiri dan bukan merupakan kelanjutan dari buku "Kumpulan Puisi Keluarga 3B Tahun 2015/2016" yang saya bagikan pada penerimaan rapor semester satu, Desember lalu.




Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon