Kumpulan Puisi Karya Siswa SD Labschool Unnes Kelas 3B

rifanfajrin.com - Kumpulan Puisi Karya Siswa SD Labschool Unnes Kelas 3B Tahun 2015/2016

rifanfajrin.com
Cover Buku Puisi Anak SD Kelas 3B 2015/2016

Alhamdulillah. Segala puji bagi Alloh SWT, dan shalawat atas Nabi Muhammad SAW. Pada hari ini, Jumat, 18 Desember 2015, bertepatan dengan penerimaan rapor semester satu, siswa-siswi kelas 3B SD Labschool Unnes meluncurkan buku "Kumpulan Puisi Keluarga 3B SD Labschool Unnes Tahun 2015/2016".

Ucapan terima kasih dan ucapan selamat saya sampaikan kepada murid-muridku kelas 3B SD Labschool Unnes atas terwujudnya buku yang kita gagas bersama-sama ini. Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa kelas 3B yang selama satu semester ini telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mendampingi putra-putrinya belajar bersama di sekolah kita tercinta, SD Labschool Unnes.

Oya, bersamaan dengan ini tentu saja saya juga mengucapkan "thanks berat" kepada Aliyudin M.T, anak muda yang baru saja lolos dari lubang jarum alias ancaman Drop Out dari Jurusan Seni Rupa Unnes. wkwkwk. "Tengkyu, Top!" Yup, Aliyudin M.T inilah yang telah bersedia membantu proses lay-out buku ini sekaligus mendesain sampul buku keren ini. 

Buku kecil ini berisi 22 puisi karya siswa kelas 3B, ditambah satu puisi karya guru/wali kelas 3B, yaitu saya sendiri. Hihihi. Bagi saya, ada keasyikan tersendiri saat menyimak puisi-puisi mereka. Mereka, 12 anak keren itu, dengan gaya masing-masing telah menuliskan puisi dengan tema umum "Kelas 3B" atau "Keluarga 3B".  Namun tetap saja, bahasa anak itu sangat khas: sederhana, lugu, polos, sekaligus jujur dan lugas.

Puisi "Keluarga 3B" karya Hasna

Kemudian, saya menyadari, ada kemungkinan beberapa anak menulis puisi dengan bimbingan orang tua, tidak murni mereka menulis sendiri puisi tersebut. Akan tetapi hal itu sama sekali tidak menjadi masalah. Untuk proses penulisan puisi ini, masing-masing anak saya minta untuk menulis paling tidak dua puisi, dan saya memang memberikan jangka waktu lebih kurang satu bulan kepada anak-anak. Mereka bebas mengerjakannya di mana pun, dan dengan bimbingan atau bantuan siapa pun, asalkan mereka tidak meminta dibuatkan puisinya. 

Untuk tema penulisan puisi itu sendiri, saya memberikan dua tema; tema wajid dan tema bebas. Satu tema yang wajib dituliskan adalah tema sekolah, lebih khusus kelas kami. Oleh sebab itu, jangan heran kalau di dalam buku ini ada beberapa anak yang menulis puisi dengan judul yang sama. Mengenai kesamaan judul itu, saya sengaja untuk tidak melakukan proses editing (penyuntingan) dengan maksud semata-mata menghadirkan karya anak yang asli sesuai dengan apa yang mereka tuliskan di kertas. (NB: selain itu, kalau saya edit, siapa tau malah jadi jelek, hehehe. Karena saya tidak pandai menulis puisi. wkwkwk). Nah, setelah tema wajib, selebihnya mereka bebas menuliskan tema apa saja. 

Maka jadilah buku berisi 22 + 1 puisi ini. Bagaimana pun ada rasa bangga menyeruak di dalam batin saya. Semoga anak-anak pun demikian setelah mereka menerima buku kumpulan puisi ini, dan selanjutnya lebih memotivasi mereka untuk berkarya yang lebih hebat lagi pada kesempatan yang akan datang. Semoga!

***

Judul Buku                : Kumpulan Puisi Keluarga 3B Tahun 2015/2016
Penulis                       : Siswa kelas 3B SD Labschool Unnes Tahun 2015/2016
Tata Letak                 : Aliyudin M.T.
Desain Sampul          : Aliyudin M.T.
Tebal Buku                : 20 Halaman
Isi buku                      :
  1. Teman Sejatiku (Arra)
  2. Semangat Kelas (Arra)
  3. 3B Tempat Belajarku (Dhinar)
  4. Guruku (Dhinar)
  5. Kelas 3B (Nadha)
  6. Sekolahku yang Bersih (Nadha)
  7. Kelinciku (Nadha)
  8. Keluarga 3B (Fara)
  9. Kelasku (Fara)
  10. Kelasku (Fayla)
  11. Keluarga 3B (Hasna)
  12. Rumahku (Hasna)
  13. Hujan Deras (Mae)
  14. Kelasku (Mae)
  15. Pagi yang Cerah (Vian)
  16. Keluarga 3B (Neysha)
  17. Kelas 3B (Neysha)
  18. Keluarga 3B (Ihsan)
  19. Kucingku (Ihsan)
  20. Guruku (Adit)
  21. Kelasku (Sasi)
  22. Sahabat (Sasi)
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon