Pengertian dan Pembagian Psikologi

Pengertian Psikologi

rifanfajrin.com


Menurut Plato, pada tahun kira-kira 400 SM, ketika masih sebagai psikologi filsafat, psikologi berarti ilmu yang mempelajari sifat, hakekat, dan hidup jiwa manusia. Psikologi berasal dari psyche yang artinya jiwa, dan logos yang artinya ilmu pengetahuan.


Maka kata psikologi sering diterjemahkan dengan ilmu jiwa.

Jadi, psikologi adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan (ilmu jiwa). Psikologi dalam perkembangannya kemudian menjadi ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Keadaan jiwa seseorang dapat dipelajari bila sudah berupa sebagai perilaku. Perilaku merupakan wujud dari keadan
jiwa seseorang melatarbelakangi timbulnya hampir seluruh tingkah laku.

Secara garis besar, psikologi dibagi menjadi dua golongan yaitu (1) psikologi teoretis (2) psikologi terapan (terlaksana). Psikologi teoritis dibagi menjadi dua, yaitu :

1) Psikologi umum

Psikologi umum adalah psikologi yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas psikis manusia yang tercermin dalam tingkah laku pada umumnya, yang dewasa, yang normal dan yang beradab(berkultur). Psikologi umum berusaha mencari dalil-dalil yang bersifat umum dari kegiatan-kegiatan atau aktivitas psikis (Eunike R. Rustiana, 2003:17).

2) Psikologi khusus

Psikologi khusus adalah psikologi yang menyelidiki dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas-aktivitas psikis manusia. Hal-hal khusus yang menyimpang dari hal-hal yang umum dibicarakan dalam psikologi khusus. Psikologi khusus ini ada bermacam-macam, antara lain :

a. Psikologi perkembangan

Psikologi perkembangan adalah psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua, yang mencakup :

(1) psikologi anak (termasuk masa bayi)
(2) psikologi puber dan adolensi (psikologi pemuda)
(3) psikologi orang dewasa
(4) psikologi orang tua (psikogerontologi)

b. Psikologi sosial

Psikologi sosial adalah psikologi yang khusus membicarakan tentang tingkah laku atau aktivitas-aktivitas manusia di dalam situasi sosial.

c. Psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan adalah psikologi yang khusus menguraikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan.

d. Psikologi kepribadian

Psikologi kepribadian adalah psikologi yang khusus menguraikan tentang pribadi manusia, beserta tipe-tipe kepribadian manusia.


Baca Juga Teori Kepribadian Sigmund Freud

e. Psikopatologi

Psikologi yang khusus menguraikan mengenai keadaan psikis yang tidak normal (abnormal).

f. Psikologi kriminal

Psikologi kriminal adalah psikologi yang khusus berhubungan dengan soal kejahatan atau kriminalitas dan diterapkan pada proses pengadilan.

g. Psikologi Medis

Psikologi medis adalah psikologi yang diterapkan dibidang kedokteran, guna mempercepat kesembuhan para pasien. Dengan wawasan psikologi, dokter berusaha memahami keadaan psikologis pasien, untuk membuat diagnosa, program dan terapi yang tepat.

h. Psikologi pastoral

Psikologi pastoral adalah psikologi yang diterapkan untuk memberikan bimbingan kejiwaan, umumnya dipergunakan oleh rokhaniawan yang berusaha membimbing pengikutnya. Istilah pastoral
berhubungan dengan hal penggembalaan. Proses bimbingan berdasar pada pandangan psikologi terhadap kondisis individu yang dibimbing.

Psikologi khusus masih berkembang terus sesuai dengan bidang-bidang berperannya psikologi. Pada umumnya psikologi khusus merupakan psikologi praktis, yang diterapkan sesuai dengan bidangnya,
sedangkan psikologi terapan adalah psikologi yang mempelajari tentang psikologi demi untuk ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan praktik.


Itulah Pengertian dan Pembagian Psikologi. 

Baca Juga Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejiwaan Manusia

Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon