Berkunjung ke Kebun Durian Watu Simbar (Field Trip Kelas 3 SD Labschool Unnes 2015/2016)

rifanfajrin.com - Berkunjung ke Kebun Durian Watu Simbar 
(Field Trip Kelas 3 SD Labschool Unnes 2015/2016)


rifanfajrin.com
Field Trip Menyang Watu Simbar


Senin, 15 Februari 2016, setelah upacara bendera, siswa dengan didampingi guru melakukan persiapan berangkat ke Watu Simbar. Para siswa mengecek perlengkapan yang akan dibawa ke tempat tujuan. Pukul 08.15 tepat siswa berangkat menuju lokasi menggunakan bus. Tidak lupa guru mengajak siswa untuk berdoa agar kegiatan pada hari itu berjalan dengan lancar.

Sekitar pukul 08.40 rombongan tiba di Watu Simbar. Rindangnya pepohonan dan udara yang sejuk membuat kami merasakan suasana yang asri dan nyaman. Pak Sri, salah seorang pemandu di Watu Simbar menyambut kami dan memberikan sedikit gambaran tentang kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan pada hari itu.

Kegiatan pertama, siswa diajak ke sebuah rumah untuk membuat es krim durian. Pada kegiatan ini, siswa terlihat sangat antusias. Beberapa siswa aktif ketika diminta untuk maju ke depan praktik bergantian membuat es krim, dan mengajukan pertanyaan. Sambil menunggu es krim jadi, kami melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Dengan didampingi pemandu, siswa berkeliling ke kebun untuk mengamati dan mempelajari tanaman-tanaman toga yang dilestarikan di Watu Simbar. Para siswa mencatat nama-nama tanaman toga, kegunaan/khasiat tanaman toga untuk kesehatan, dan cara mengonsumsinya. Salah satu kegiatan menarik ketika berkeliling ini adalah ketika siswa mencoba berjalan di atas batu refleksi. Beberapa siswa mengaku geli, bahkan “sakit” ketika mereka harus melewati jalan batu refleksi sejauh kira-kira 10 meter dengan melepas alas kaki.

Setelah mempelajari tanaman toga, tibalah kegiatan siswa belajar menanam. Mereka diajak menanam benih terong dan cabe di dalam polybeg. Masing-masing siswa diberikan satu kantong polybeg dan mengisinya dengan media. Media yang dimaksud adalah tanah dan pupuk dengan persentase 50%. Setelah kantung diisi media, siswa boleh memilih benih cabe atau terong yang disediakan. Tanaman tersebut pada akhirnya nanti akan dibawa pulang oleh siswa sebagai oleh-oleh. Setelah belajar menanam, siswa pun belajar tentang mencangkok.

Kegiatan selanjutnya adalah memanen buah rambutan di kebun. Beberapa siswa berusaha mengambil rambutan dengan menggunakan alat, siswa lainnya menikmati buah rambutan hasil petikan temannya tersebut.

Kegiatan selanjutnya, dan yang paling ditunggu-ditunggu oleh siswa adalah menangkap ikan di kolam. Para siswa saling berlomba untuk menangkap ikan lele yang sudah disiapkan di kolam tersebut. Selesai menangkap ikan, mereka beristirahat, mandi, sholat berjamaah, dan makan siang bersama.

Kegiatan di Watu Simbar pun terlaksana dengan lancar. Setelah makan, kami pamit bertolak dari Watu Simbar untuk menuju ke tempat tujuan selanjutnya. Tidak lupa, siswa membawa bibit tanaman, ikan nila, dan es krim durian yang tadi dibuat untuk dibawa pulang ke rumah.

Lokasi selanjutnya adalah Raja Durian yang terletak di Muntal, Ngijo, Gunungpati. Para siswa, guru dan karyawan makan durian bersama.


Tepat pukul 14.00 WIB kami pulang menuju Labschool Unnes. Dalam perjalanan ke sekolah, sambil menikmati makanan ringan dan es krim durian, para siswa berlomba-lomba menjawab pertanyaan kuis yang diberikan untuk mendapatkan doorprize. Para siswa pun berbagi doorpize yang didapatkan. 

Foto Kegiatan:

rifanfajrin.com

rifanfajrin.com

rifanfajrin.com

Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon