Struktur Teks Geguritan - Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka

 


Di artikel sebelumnya, kita telah belajar bersama tentang materi geguritan. Sekarang kita akan lanjutkan materi geguritan yaitu tentang Struktur Teks Geguritan.

Struktur Teks Geguritan

Geguritan adalah puisi berbahasa Jawa modern yang bebas atau tidak terikat seperti puisi lama. Akan tetapi umumnya geguritan memiliki struktur geguritan. Stuktur geguritan mewujudkan gabungan dari lima hal, yaitu:

1. Tembung/Kata

Pilihan kata juga disebut dengan diksi. Untuk menciptakan geguritan yang bagus, pengarang harus memilih kata dengan cermat dan sesuai. Kata-kata yang digunakan ada yang memiliki makna lugu/polos atau apa adanya yang kita sebut sebagai makna denotatif, ada juga kata-kata yang mengandung makna kiasan atau kita sebut dengan makna konotatif. Pemilihan kata yang cermat dan tepat akan menghasilkan geguritan yang indah dan bernilai.

2. Lalik/Baris

Larik atau baris memiliki makna yang berbeda jika dibandingkan dengan kalimat-kalimat prosa. Baris di dalam geguritan bisa berwujud hanya satu kata, bisa berupa kumpulan kata, atau bisa juga berbentuk sebuah kalimat.

3. Pada/Bait

Bait adalah kumpulan baris yang tertata secara harmonis. Setiap satu bait terdiri dari satu gagasan utama yang berbeda dengan bait lainnya.

4. Uni/Swara/Suara

Suara terbangun dari purwakanthi (kesamaan rima atau bunyi dalam kalimat) dan Wirama (irama). Purwakanthi itu adalah runtutnya suara, sastra, atau kata yang ada di bagian depan dengan suara, sastra, atau kata yang ada di belakang. Sedangkan wirama adalah tinggi rendah, panjang pendek, atau halus kerasnya suara yang diucapkan. Adanya purwakanthi dan wirama menghasilkan geguritan yang enak dibaca dan diperdengarkan.

5. Surasa/Makna

Surasa mewujudkan/menunjukkan apa tujuan pengarang atau panggurit ketika dia menulis geguritan. Penggurit dalam memilih kata, menata larik/baris, dan bait, itu selalu diselaraskan dengan maksud dan tujuannya. Surasa/makna bisa berupa isi dan pesan (amanat) dari sebuah geguritan.

***

Demikian sekelumit materi pelajaran bahasa Jawa kelas 5 semester 2 kurikulum merdeka tentang geguritan, yaitu Stuktur Teks Geguritan. Semoga bermanfaat. []

close