Menceritakan Hobi - Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

 


Menceritakan Hobi - Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Hari ini kita belajar menulis dan mempresentasikan hobi kita. Materi ini ada pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka, tepatnya ada di buku Bahasa Indonesia Bergerak Bersama pada halaman 60: Berbicara, Berdiskusi, Mempresentasikan.

Mari kita kerjakan bersama-sama.

Contoh 1: Hobiku Bermain Bulu Tangkis

Hobiku adalah bermain bulu tangkis. 

Aku suka bulu tangkis karena bermain bulu tangkis itu sangat menyenangkan. Aku bisa bertemu dengan teman-teman yang juga hobi bermain bulu tangkis. Selain itu, bermain bulu tangkis juga tidak memerlukan biaya yang mahal.

Tokoh yang menginspirasiku untuk melakukan hobi ini adalah ayahku sendiri. Ayahku sudah bermain bulu tangkis sejak dia masih kanak-kanak. Sampai sekarang, ketika usianya sudah lebih dari 60 tahun, ia masih bermain bulu tangkis. Oleh karena itulah ayahku selalu sehat dan bugar. Nah, ayahku-lah yang mengajariku bermain bulu tangkis. Selain ayahku, tokoh lain yang menginspirasiku adalah Taufik Hidayat. Dia adalah atlet bulu tangkis legendaris Indonesia. Ketika aku kecil, aku sering melihat pertandingan Taufik Hidayat di televisi. Dia hebat sekali. Ketika usianya masih 17 tahun, dia sudah meraih peringkat 1 dunia. Taufik Hidayat juga pernah menjadi juara bulu tangkis pada Olimpade Athena di Yunani.

Biasanya, aku melakukan hobi ini pada saat sore hari. Aku biasanya berangkat sore hari, berlatih setelah asar hingga menjelang magrib selesai.

Dengan mahir bulu tangkis aku mendapatkan banyak sekali manfaat. Yang pertama tentu saja badanku menjadi lebih sehat dan bugar, tidak gampang mengantuk, dan aku mempunyai fisik yang kuat. Kemudian, aku juga sering mewakili sekolahku untuk mengikuti kejuaraan atau pekan olahraga untuk pelajar. Alhamdulillah aku juga pernah mendapatkan juara, walaupun tidak selalu juara.

Itulah hobiku. Yang jelas, manfaat dari menekuni hobi ini banyak sekali. Selain kesehatan dan prestasi, kita juga akan mendapatkan banyak kenalan, bertemu banyak orang yang menyenangkan.

Contoh 2: Hobiku Berenang

Oleh: Sekar Dwi Putri

Hobiku adalah berenang.

Aku suka berenang karena menyenangkan. Aku bisa bertemu dengan orang-orang yang pintar berenang.

Tokoh yang menginspirasiku adalah ayahku. Ayahku pernah menjagi guru les berenang ketika aku berusia 5 atau 6 tahun. Makanya ayahku tetap sehat.

Biasanya aku melakukan hobi ini saat sedang libur sekolah atau mempunyai waktu luang. Aku seringnya berenang di Kodam karena murah dan tempatnya lumayan bagus. Selain Kodam, aku juga pernah ke tempat lainnya.

Dengan mahir berenang aku dapat berenang dengan mudah dan tidak kesulitan berenang lagi. 

Manfaat dari menekuni hobi ini adalah bisa membuat badanku sehat dan bugar. Dan tidak akan kesulitan berenang lagi.

Contoh 3: Hobiku Bermain Bola

Oleh: Rozqi Anjari

Aku suka bermain bola.

Aku suka bermain bola karena sangat seru. Dan aku juga bisa bertemu dengan temanku yang lain yang juga suka bermain bola. Sepakbola juga bisa membuatku menjadi kokoh dan bergizi. Selain itu, hobiku ini juga tidak selalu menyenangkan.

Tokoh yang menginspirasiku untuk melakukan hobiku ini adalah kakakku sendiri. Kakakku bermain sepakbola sejak SMP. Aku ingin menjadi pemain sepakbola seperti Christiano Ronaldo.

Contoh 4: Hobiku Bermain dengan Kakak

Oleh Kharisma Aulia Farah

Hobiku adalah bermain dengan kakak sepupuku. Dia masih kecil, usia 6 tahun. Dia berkelamin laki-laki. Bermain dengannya itu seru sekali. Kadang aku bermain boneka menggunakan boneka milikku, seperti boneka kucing, beruang, dan boneka barbie dan barongan.

Dia sangat menyenangkan. Dia orangnya asyik. Bermain dengan dia itu seru. Aku sangat senang dengannya. 

Selain hobiku yang aneh, aku juga memiliki hobi yang lain yaitu menonton televisi. Aku mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan. 

Manfaat dari hobiku ini adalah, aku tidak bermain di bawah matahari karena jika bermain di bawah matahari panas-panasan aku bisa dimarahi oleh mamahku yang galak. Bermain dengan dia tidak akan dimarahi mamah.

Menonton tivi juga bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan, dan tidak akan meniru perlakuan atau tindakan yang tidak baik.

Tokoh inspirasiku adalah kakak dan mamahku, yang selalu menginspirasi agar selalu berkumpul dan menceritakan segala pengalaman hari ini.

Biasanya aku melakukan hobi ini saat pulang sekolah dan pada saat liburan sekolah.

Dengan mahir hobiku ini aku dapat pengalaman dengan kakakku.

Aku suka hobi ini karena seru dan menyenangkan.

close