Daftar Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka tahun 2022

 

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Semester 2 Kelas 4

Daftar Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka tahun 2022

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya.

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan identitas diri (fisik dan nonfisik) orang di lingkungan sekitarnya.

Peserta didik mampu menjelaskan dan mengidentifikasi perbedaan karakteristik baik fisik (contoh: warna kulit, jenis rambut, dan lain lain) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dan lain-lain) orang di lingkungan sekitar.

Peserta didik mampu memberikan contoh wujud sikap menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh: warna kulit, jenis rambut, dan lain lain) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dan lain-lain) orang di lingkungan sekitar.

Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dalam menghargai kebhinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai bhinneka tunggal Ika.

Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai kebhinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai bhinneka tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan orang tua dan guru.

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyebutkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa, sosial dan budaya, di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai keberagaman suku bangsa sosial dan budaya di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Peserta didik mampu menjelaskan bahwa lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

Peserta didik mampu menjelaskan dan menyebutkan bentuk sikap kerjasama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, agama, sosial dan budaya, di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Peserta didik mampu menunjukkan sikap bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan bimbingan orang tua dan guru.

Peserta didik dapat menjelaskan makna negara kesatuan republik Indonesia

Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat keutuhan negara kesatuan republik Indonesia

Peserta didik dapat menganalisis arti penting keutuhan negara kesatuan republik Indonesia

Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang menjaga lingkungan sekitar dalam upaya menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia

Peserta didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku yang merusak lingkungan serta membahayakan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia

Peserta didik dapat menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia

Peserta didik dapat membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama

Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama

Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan baik secara individual maupun kolektif

Peserta didik dapat memberikan contoh kebutuhan baik secara individual maupun kolektif

Peserta didik dapat mengkondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik

Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif dalam mengisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik

Peserta didik dapat menganalisis hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan

close